Bisa Berakibat Fatal, Ini Bahayanya Jika Menahan Bersin

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 24 Desember 2020 09:25
Bisa Berakibat Fatal, Ini Bahayanya Jika Menahan Bersin
Ternyata menahan bersin bisa sebabkan hal ini lho..

Bersin adalah hal yang terjadi secara tiba-tiba. Tak sedikit orang yang perlu menahan bersin saat berada di tempat umum. Namun ternyata, menahan bersin bisa membahayakan kesehatan lho.

Bersin merupakan refleks tubuh yang dilakukan dengan kuat untuk melindungi tubuh. Selain membersihkan hidung, bersin juga menghilangkan kuman.


Dilansir dari halodoc.com, dara yang dikeluarkan saat bersin bahkan mencapai 150 kilometer per jam. Hal ini yang membuat kita tak diperbolehkan menutup lubang hidung dan mulut saat bersin.

 

1 dari 4 halaman

Pecahnya gendang telinga

Ilustrasi Telinga © Diadona

Saluran telinga, hidung dan tenggorokan saling berhubungan satu sama lain. Menahan bersin dapat meningkatkan tekanan dalam tuba eustachius di telinga, dan dapat membuat dorongan yang kuat hingga menimbulkan pecahnya gendang telinga.

2 dari 4 halaman

Pecahnya pembuluh darah

Ilustrasi Bersin © Diadona

Pada area hidung, mata dan gendang telinga terdapat begitu banyak pembuluh darah kecil. Meski jarang terjadi namun jika terus menerus menahan bersin dapat menyebabkan pembuluh darah kecil ini jadi tertekan dan pecah.

3 dari 4 halaman

Cedera diafragma

Ilustrasi Paru-Paru © Diadona

Diafragma merupakan otot yang menjadi batasan antara dada dan perut. Menahan bersin akan membuat udara terjebak di ruang diafragma. Nah hal ini dapat memicu adanya kolaps pada paru-paru.

4 dari 4 halaman

Infeksi telinga bagian tengah

Sakit Telinga © Diadona


Ketika bersin seharusnya dilakukan untuk membuang bakteri buruk dr tubuh, tentu saja dengan menahan bersin akan membuat bakteri tetap berada dalam tubuh. Pada kondisi buruknya, bakteri ini dapat terdorong dalam saluran telinga dan menimbulkan infeksi.

Nah itu dia bahaya jika menahan bersin teru-terusan. Jangan dibiasain ya guys, bersin itu pertanda pertahanan tubuh yang baik kok.

Beri Komentar