Bisa Bikin Rambut Mengilap - Keringkan Jerawat, Ini 5 Manfaat Odol Gak Boleh Kamu Skip!

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 27 Mei 2022 08:03
Bisa Bikin Rambut Mengilap - Keringkan Jerawat, Ini 5 Manfaat Odol Gak Boleh Kamu Skip!
Apa benar odol bisa bermanfaat buat kulit dan rambut?

Membersihkan gigi sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai upaya untuk menjaga kesehatan mulut. Oleh karenanya, kita membutuhkan pasta gig atau odol untuk bisa mengangkat kotoran yang menempel pada sela gigi. Namun, ada beberapa orang yang menggunakannya untuk hal lain, salah satunya dikatakan punya potensi untuk merawat rambut hingga kulit. Benarkah faktanya begitu?

1 dari 6 halaman

Bisa bikin rambut mengilap?

Ilustrasi Rambut Berkilau © Diadona

Dilansir Healthline, beberapa pasta gigi memiliki senyawa pemutih, seperti hidrogen peroksida. Jika gigi saja bisa dibuatnya lebih mengilap, maka sudah seharusnya hidrogen peroksida mampu membuat rambut mengilap juga. Begitu logika sederhananya.

Masalahnya, menggunakan hidrogen peroksida dalam odol untuk membuat rambut berkilau tidak disarankan. Alasan pertama, odol tidak mudah dioleskan secara merata ke rambut. Selain itu, tidak ada riset yang membuktikan kalau odol bisa membuat rambut berkilau.

2 dari 6 halaman

Bisa untuk bleaching rambut?

Selain untuk kilau, odol juga konon bisa digunakan untuk bleaching rambut. Apakah patut dicoba? Lagi-lagi, lebih baik jangan. Alasan pertama adalah lagi-lagi odol bukan diciptakan untuk rambut, sehingga tidak bisa menyebar secara merata.

Jika odol terlalu lama di rambut, senyawa-senyawa odol bisa menyerap cairan dari batang rambut. Akibatnya, rambut jadi kering dan rapuh. Selain itu, ada pula risiko bahwa praktik ini bisa merusak folikel rambut di kulit kepala.

3 dari 6 halaman

Menyingkirkan rambut berlebih?

Ilustrasi Pasta Gigi © Diadona

Mungkin kamu pernah melihat tips di internet bahwa odol bisa dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya untuk menyingkirkan rambut, terutama rambut tubuh. Namun, tidak ada bukti ilmiah bahwa odol bisa melakukannya.

Selain itu, meskipun bisa menyingkirkan rambut, tetapi senyawa dalam odol bisa memicu iritasi pada kulit. Odol juga mengandung alkohol dan hidrogen peroksida yang bisa membuat kulit kering.

4 dari 6 halaman

Bisa bikin rambut lebih lebat?

Tidak sedikit pasta gigi yang mengandung bahan peppermint, dan tidak sedikit penelitian yang mengungkapkan manfaat bahan herbal ini terhadap rambut karena bisa memperlancar aliran darah ke kulit kepala. Oleh karena itu, banyak yang menyangka odol bisa buat rambut lebat.

Meski begitu, ini bukan berarti odol bisa digunakan untuk melebatkan rambut kepala. Ini karena senyawa dalam odol menutupi kinerja peppermint sehingga amat kecil kemungkinannya odol bisa membantu pertumbuhan rambut kepala.

5 dari 6 halaman

Odol bermanfaat untuk kulit?

Fakta menarik, odol memiliki beberapa bahan yang sama dengan produk perawatan kulit, seperti soda kue dan sodium lauril sulfat. Selain itu, odol juga memiliki senyawa antiseptik dan antibakteri untuk menjaga kesehatan mulut.

Jadi, apakah dengan mengoleskan odol, kamu bisa membuat kulit lebih bersih? Mengutip Healthline, odol bisa mengeringkan jerawat akibat bakteri hingga mengurangi inflamasi di kulit wajah. Namun, odol tidak direkomendasikan untuk jerawat karena bisa menyebabkan:

  • Pori-pori wajah tersumbat.
  • Kulit wajah kering.
  • Kulit wajah berubah kemerahan.
  • Kulit wajah mengelupas.

Beri Komentar