Bisa Sehatkan Kulit dan Cegah Liver, Ini 6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 21 Maret 2022 17:03
Bisa Sehatkan Kulit dan Cegah Liver, Ini 6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan
Jadi salah satu alternatif pengganti minyak goreng nih.

Berbagai bahan alami, jika digunakan dengan benar, akan memberikan manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa ternyata cukup banyak, dan bisa memberikan efek jangka panjang. Tak heran, minyak kelapa asli memiliki harga yang cukup mahal. 

 

1 dari 5 halaman

Kandungan dalam Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa © Diadona

Setidaknya ada dua kandungan utama yang dimiliki minyak kelapa. Pertama adalah asam lemak jenuh, dan yang kedua asam lemak tak jenuh. Asam lemak jenuh sendiri terdiri dari asam laurat, asam miristat, dan palmitat. Meski bisa meningkatkan kadar LDL, namun kadarnya sedikit sehingga tidak berbahaya.

Untuk asam lemak tak jenuhnya sendiri menjadi sumber dari semua manfaat yang dimiliki. Lalu apa saja manfaat yang bisa kita dapat dari minyak kelapa ini?

2 dari 5 halaman

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Salah satu kandungan minyak kelapa adalah keton, yang diklaim baik untuk memori. Selain itu, minyak kelapa juga mampu menurunkan risiko Alzheimer dan meningkatkan fungsi kognitif. Penelitian lebih lanjut masih terus dilakukan untuk hal ini.

2. Kesehatan Gigi

Tahukah kamu bahwa minyak kelapa sering dijadikan obat kumur? Tren ini muncul sejak lama, karena dipercaya dapat menjaga kesehatan gigi. Cara menggunakannya adalah mengoleskan minyak di rongga mulut, kemudian berkumur selama beberapa detik.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Minyak Kelapa © Diadona

3. Mencegah Penyakit Liver

Dalam studi yang dimuat dalam Journal of the Science Food and Agriculture, konsumsi minyak kelapa pada tikus percobaan yang mengalami penyakit liver dapat membantunya pulih dan memiliki kesehatan lebih baik setelah 4 minggu.

4. Kesehatan Kulit

Jika dicermati beberapa produk kecantikan memiliki kandungan minyak kelapa di dalamnya. Secara praktis memang minyak kelapa memiliki manfaat untuk menyehatkan kulit. Selain meningkatkan fungsi pelindung kulit, minyak ini juga menawarkan efek antiinflamasi.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Minyak Kelapa dan Lemon © Diadona

5. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Manfaat utama dari minyak kelapa adalah untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau biasa dikenal dengan HDL. Kandungan trigliserida rantai menengah adalah kandungan paling berperan untuk hal ini. Penelitian lebih lanjut terus dilakukan, untuk memastikan hal ini.

6. Membantu Mengurangi Rasa Lapar

Manfaat minyak kelapa berikutnya adalah membantu mengurangi rasa lapar. Kandungan MCT yang disebut di atas tadi, ternyata berhubungan dengan cara tubuh menjalani proses metabolisme lemak. Dengan begini penggunaannya bisa membantu proses diet.

Beri Komentar