Boleh Gak Sih Makan Gorengan Ketika Diet?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 25 Februari 2021 16:27
Boleh Gak Sih Makan Gorengan Ketika Diet?
Kata-kata orang sih harus dihindari. Tapi kalau lagi kepengin banget, gimana dong?

Salah jenis makanan yang disukai masyarakat luas adalah gorengan. Di setiap acara, makanan jenis ini pasti ada. Tempe goreng, bakwan goreng, cireng, tahu, dan lain sebagainya, emang mantab banget disantap. Apalagi buat jadi cemilan di tengah-tengah obrolan yang seru.

Meskipun lezatnya minta ampun, gorengan menjadi pertimbangan besar untuk para wanita yang sedang diet. Sebenarnya boleh gak sih makan gorengan saat lagi diet tuh?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Gorengan © Diadona

Ternyata melansir dari Okadoc.com, menurut Pedoman Gizi Seimbang, makan gorengan itu boleh-boleh saja ketika diet. Namun, tentu saja ada batasnya. Maksimal gorengan yang bisa dikonsumsi adalah 5. Hal ini agar menghindari adanya lemak berlebih di dalam tubuh nantinya. Jadi makan gorengan boleh-boleh aja asal nggak lebih dari 5.

Gorengan yang dimakan pun nggak boleh asal nih. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar diet tetap bisa sukses meskipun makan goreng yang maksimal cuma 5.

 

2 dari 3 halaman

Pastikan kamu membuat gorengan sendiri. Sehingga kemudian kamu bisa memastikan minyak yang kamu gunakan adalah minyak tumbuhan seperti minyak zaitun agar menghindari lemak jahat. Selain itu, jangan menggunakan minyak goreng yang sudah dipakai sebelumnya. Jangan terlalu lama juga menggorengnya agar tak banyak minyak yang diserap.

Jika gorengan sudah jadi, manfaatkan kertas penyerap minyak ya, agar gorengan yang ingin disantap tak terlalu mengandung banyak minyak. Kalau bisa, makan gorengan sebaiknya dilakukan di waktu siang agar bisa langsung berubah menjadi energi. Selain itu, jangan makan gorengan di saat masih panas mengandung zat radikal bebas yang cukup tinggi sehingga bisa picu kanker.

Setelah selesai makan gorengan, minumlah air yang banyak ya. Kalau kamu ada sayuran, makan gorengan sama sayuran bisa jadi agak sehat tuh gaes!

Beri Komentar