Boleh Nggak Sih Minum Kopi Pas Lagi Sakit?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 20 September 2021 15:27
Boleh Nggak Sih Minum Kopi Pas Lagi Sakit?
Lagi sakit pengin banget minum kopi. Boleh gak ya?

Setiap orang kayaknya pasti pernah sakit. Ketika sakit, tentu yang dibutuhkan tubuh adalah istirahat, serta mengkonsumsi obat terkait agar cepat sembuh. Di Indonesia sendiri, biasanya orang kalau lagi sakit disuruh minum teh manis hangat. Betul apa betul?

Pertanyaannya, kok bukan kopi ya? Kalau lagi sakit minum kopi, boleh nggak nih?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi wanita minum kopi © Diadona

Memang, melansir dari Medical Daily via Merdeka.com, kopi bisa memberikan sejumlah dampak pada tubuh sakit. Jika diberikan kepada orang yang sudah biasa minum kopi, ketika sakit demam yang dirasakan bisa hangat tanpa ada efek samping berbahaya. Namun untuk penyakit lain, sebaiknya konsultakan dulu kalau mau tetap ingin minum kopi.

 

2 dari 4 halaman

Namun, memang sebaiknya ketika sakit menghindari untuk minum kopi. Sebab tubuh butuh cairan yang cukup ketika sakit, sedangkan minum kopi efek sampingnya adalah diuretik yang lama-lama bisa menyebabakn dehidrasi. Apalagi jika mengalami diare, dan ini juga berlaku jika kondisi perut tidak nyaman.

Kalau lagi sakit mag, duh, jangan dulu deh minum kopi. Sebab minu kopi hanya akan memperparah kondisi. Hal ini juga berlaku ntuk penyakit lambung lainnya lho, ya! Daripada kambuh, mending hindari dulu, deh.

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi wanita minum kopi © Diadona

Jika kamu nggak terbiasa minum kopi dan sedang mengkonsumsi obat, tapi pengin banget minum kopi... sebaiknya hindari dulu, ya. Sebab ketika minum kopi bisa jadi membuat obat tidak bekerja secara optimal.

Secara keseluruhan, memang sebaiknya hindari minum kopi dulu ketika sakit. Kalau udah biasa minum kopi dan penyakitnya ringin, mungkin masih boleh-boleh aja, sih~

Beri Komentar