Bolehkah Lansia Melakukan Diet?

Health | Senin, 22 Februari 2021 08:25

Reporter : Mutia Wella Lukitasari

Ternyata begini fakta mengenai diet untuk lanjut usia.

Memiliki bentuk tubuh ideal yang sehat adalah dambaan setiap orang, tak terkecuali juga bagi yang telah berusia lanjut. Beberapa faktor kesehatan juga dapat menjadi alasan lansia perlu menurunkan berat badannya.

Namun lansia memiliki kondisi dan ketahanan tubuh yang tak lagi sama dibanding saat muda, boleh nggak sih menurunkan badan dengan melakukandiet?

Bolehkah Lansia Melakukan Diet?
2 dari 3 halaman

Ilustrasi Lansia Minum SusuIlustrasi Lansia Minum Susu © Shutterstock

Kini terdapat berbagai jenis diet yang dapat dilakukan, namun sebagian besar diet ini disebut terlalu ekstrem untuk kesehatan lansia. Karena efeknya tak hanya menurunkan badan, namun juga dapat mengurangi massa otot lansia.

Belum lagi jika lansia mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan, diet justru dapat berisiko untuk kesehatannya.


Dilansir dari Healthline.com, cara diet yang kini populer tak disarankan untuk para lansia.

3 dari 3 halaman

Diet khusus lansia


Meski tak dianjurkan, namun bukan berarti jika lansia tak dapat melakukan program penurunan berat badan ya. Sebagai gantinya, lansia perlu menjaga pola makan.

Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan protein tinggi seperti ikan dan daging, namun sebaiknya diolah dengan cara direbus atau di kukus.

Ilustrasi Lansia TidurIlustrasi Lansia Tidur © Shutterstock


Selain itu karbohidrat juga jadi kebutuhan penting, sebaiknya seorang lansia memenuhi pasokan karbohidrat sebesar 45-60 persen dari total energi. Hindari makanan yang mendandung gula atau pemanis buatan serta makanan berminyak.

Jadi lansia tetap dapat menurunkan berat badan, bukan dengan diet yang kini populer namun dengan menjaga pola makan dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh ya.

 

Join Diadona.id