Bukan Cuma Budaya, Makan Pakai Tangan Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan Lho!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 7 Juli 2020 09:25
Bukan Cuma Budaya, Makan Pakai Tangan Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan Lho!
Kamu lebih suka makan pakai tangan atau sendok guys?

Makan pakai tangan memang salah satu budaya yang ada di negara kita. Beberapa makanan khas Indonesia memang akan terasa lebih nikmat jika memakai tangan.

Meskipun makan menggunakan dengan sendok dan garpu terasa lebih higienis dan terlihat lebih mudah, namun makan menggunakan tangan lebih memiliki banyak manfaat baik lho bagi kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, simak manfaat makan pakai tangan berikut ini deh!

1 dari 5 halaman

Meningkatkan Proses Sensorik

ilustrasi makan © Diadona


Makan merupakans alah satu aktifitas yang meningkatkan emosi dan gairah. Jika menggunakan tangan dan jari-jari, ini akan meningkatkan sistem sensorik tangan.


Selain itu, indra peraba, penciuman, pendengaran, penglihatan dan perasa menjadi lebih aktif. Hal ini akan menstimulasi kelima indra yang ada pada tubuh.

2 dari 5 halaman

Sensor alami


Makan menggunakan sendok dan garpu memang tak bisa membuat kita merasakan suhu yang ada pada makanan. Berbeda jika menggunakan tangan, kita dapat mendeteksi suhu makanan dengan lebih mudah. Sehingga hal ini akan menghindarkan kita agar tak lagi membakar lidah karena kepanasan.

3 dari 5 halaman

Resiko Diabetes Tipe 2

Ilustrasi Diabetes © Diadona


Makan menggunakan sendok memang dapat membuat durasi makan jadi lebih cepat. Makan menggunakan sendok dan garpu dapat menyebabkan ketidak seimbangan gula darah yang ada dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya resiko diabetes tipe2.

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh European Society of Endocrinology melaporkan bahwa orang-orang yang terburu-buru dalam mengunyah makanannya berisiko 2,5 kali lebih mungkin terjangkit dibanding mereka yang makan dengan perlahan.

4 dari 5 halaman

Mengandung bakteri baik


Jika sebelum makan kita mencuci tangan, tentu saja ini akan membuang bakteri buruk yang ada. Namun hal ini tak akan membuang bakteri baik.

Bahkan bakteri ini justru bermanfaat jika dikonsumsi tubuh lho.

5 dari 5 halaman

Lebih Higienis

Ilustrasi Makanan Khas Banyuwangi © Diadona


Meski sebagian orang mengaggap makan pakai tangan terlihat lebih jorok, namun penelitian justru membuktikan sebaliknya lho.

Karena ketika makan menggunakan, kita tentu akan selalu mencuci tangan kita dengan bersih. Nggak mungkin dong kamu akan makan pakai tangan dengan tangan yang belum bersih.

Hal ini berbeda jika kamu menggunakan sendok dan garpu. Kita tak tahu apakah alat makan tersebut telah dicuci dengan bersih, atau bagaimana kebersihan peletakan sendok dan garpu tersebut.

Sedangkan jika menggunakan tangan, kita benar-benar mengetahui jika tangan kita memang sudah bersih.

Nah itu dia manfaat dari makan pakai tangan, jadi jangan anggap remeh lagi ya. Sering makan pakai tangan tuh lebih sehat kok!

Beri Komentar