Bukan Gak Mau Dekat, Mungkin Pasanganmu Punya Phobia sama Ibu Mertua!

Health | Sabtu, 27 Juni 2020 16:27
Bukan Gak Mau Dekat, Mungkin Pasanganmu Punya Phobia sama Ibu Mertua!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Jangan gampang kesal, pahami dulu pasanganmu.

Salah satu dari kalian mungkin mempunyai pasangan yang punya masalah dengan orangtua kalian. Ya, bisa dibilang bukan masalah yang berbau konflik sih. Anehnya, ada jarak yang selalu pasanganmu ambil dengan mertua.

Kamu pun bingung apa yang sebenarnya terjadi. Gak ada konflik, tapi maunya ngejauh terus dari orangtua kalian alias mertuanya terutama ibu. Kira-kira kenapa ya?

2 dari 5 halaman

Kalau pasanganmu nggak mau dekat dengan orangtuamu, jangan terlalu cepat kesal dengan pasanganmu. Sebab, mungkin saja dia punya phobia sama mertua!

 Ilustrasi Mertua dan MenantuIlustrasi Mertua dan Menantu © shutterstock.com/g/motortionfilms

Baru dengar? Ini beneran ada lho. Melansir dari Itspsychology.com, phobia sama ibu mertua disebut dengan Pentheraphobia. Mungkin terdengar seperti lelucon, tapi ini benaran nyata dan beberapa orang sangat menderita karena berdampingan dengan rasa takut berlebihan terhadap anggota keluarga yang seharusnya dekat, yaitu ibumu.

3 dari 5 halaman

Orang dengan pentherapobia akan mempunya ketakutan yang berlebihan terus-terusan kepada ibumu. Ketika dihadapkan dengan ibumu (mertuanya), cemas dan panik akan menghantui. Akhirnya, ia pun akan berupaya dengan keras gimana caranya agar bisa menghindar dari ibu mertuanya.

Gejala yang timpul terhadap ibu mertua pada dirinya biasanya akan mula, pusing, nggak nyaman, napas cepat dan pendek serta tidak teratur, berlebihan keringat, mulut kering, gugup, panik, bahkan hingga menangis menjerit.

4 dari 5 halaman

Penyebab seseorang pentheraphobia masih sulit ditentukan. Namun, umumnya karena akibat dari peristiwa traumatis saat masih kecil. Mungkin karena pengalaman buruk salah satu orangtuanya dengan ibu mertuanya, atau dari sang nenek.

 ilustrasi mertuailustrasi mertua © asiaweddingnetwork.com

Ada juga yang berpendapat bahwa masalah genetika juga menjadi penyebabnya. Bahkan ketika temanmu punya phobia ini, kamu juga bisa terkena.

5 dari 5 halaman
Join Diadona.id