Bukan Langsung Diurut, Ini yang Sebaiknya Dilakukan Saat Kaki Terkilir

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 14 Juni 2021 08:27
Bukan Langsung Diurut, Ini yang Sebaiknya Dilakukan Saat Kaki Terkilir
Hayo, siapa yang langsung dikasih balsem terus diurut?

Musibah memang bisa terjadi di mana saja. Misalnya saja ketika lagi terburu-terburu atau sedang melakukan olahraga lari, kaki tiba-tiba terkilir begitu saja. Memang sakit, dan kebanyakan orang Indonesia ini langsung dipijat atau di urut. Padahal, melansir dari Halodoc, hal tersebut sangat tidak dianjurkan untuk pertolongan pertama saat kaki terkilir.

Jadi, apa yang seharusnya dilakukan pertama kali, nih?

 

1 dari 6 halaman

Diamkan Kaki

Ilustrasi Kaki Wanita Terkilir © Diadona

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah mendiamkan kaki kamu, alias jangan digerakkan. Jadi, istrihat saja, jangan dibuat jalan selama 1-2 hari. Jika benar-benar harus bergerak, minta bantuan orang-orang terdekat untuk memapahmu, ya! Atau bisa gunakan tongkat atau alat bantuan lainnya.

 

2 dari 6 halaman

Jangan Oles Balsem

Ilustrasi Kaki Wanita Terkilir © Diadona

Banyak nih di antara kita yang kaki terkilir langsung diolesin balsem, minyak atau komres air hangat. Padahal, hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena justru akan menimbulkan pembengkakan.

Justru sebaliknya, kompres saja dengan air es batu dingin dilapis handuk atau kain tipis. Kamu bisa melakukannya 15-20 menit dalam 3-5 sesi di area yang terkilir. Namun, perlu diingat jangan tempelkan es batu langsung, malah berisiko radang dingin entar.

 

3 dari 6 halaman

Angkat Pergelangan Kaki

Terkilir biasanya dipergelangan kaki, sih. Jika memang demikian, angkat pergelangan kaki lebih tinggi dari dada atau organ jantung dengan posisi terbaring. Kamu bisa menggunakan bantal sebagai sanggahannya Jika duduk, ya posisi pergelangan kaki lebih tinggi dari pinggang.

 

4 dari 6 halaman

Balut

Ilustrasi Kaki Wanita Terkilir © Diadona

Sebagai yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kaki terkilir seharusnya jangan digerakan. Untuk membatasi pergerakannya, kamu bisa membalut bagian terkilir dengan perban elastis. Kamu bisa membalutnya sampai beberap sentimeter. Namun, jangan membalutnya dengan ikatan terlalu kencang, sebab bisa menyebabkan terhambatnya aliran darah.

 

5 dari 6 halaman

Minum Obat Pereda Nyeri

Terakhir kamu bisa meminum obat nyeri jika memang rasanya sakit sekali setelah terkilir. Namun, sebaiknya kamu perlu berkonsultasi kepada pihak terkait untuk penggunaan obat tersebut, ya!

Itulah beberapa langkah pertolongan pertama pada kaki terkilir. Kalau emang benar-benar mau diurut, kamu bisa melakukannya 72 jam kemudian, dihitung sejak kaki kamu mulai terkilir. Selain itu, pastikan diurut dengan orang yang tepat, ya!

Semoga bermanfaat!

 

Beri Komentar