Bukan Pertanda Malas, Tidur Siang Terbukti Bisa Bantu Pertajam Otak

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 22 Februari 2021 21:40
Bukan Pertanda Malas, Tidur Siang Terbukti Bisa Bantu Pertajam Otak
Apa sih manfaat tidur siang untuk otak?

Kalau ada satu kebiasaan masa kecil yang paling dirindukan oleh para orang dewasa, tidur siang pasti masuk ke dalam daftar. Dulu, mayoritas dari kita sering menolak perintah orang tua untuk tidur siang.

Beranjak dewasa, dengan segala kesibukan yang ada, tidur siang jadi sesuatu yang sangat berharga. Segala tuntutan membuat kebutuhan tidur siang lama-lama hilang, pun kalau memaksa untuk dilakukan selalu ada cap "pemalas" yang disematkan.

Kenyataannya, menyempatkan tidur siang di tengah kegiatan merupakan keputusan baik, salah satunya bisa membantu mempertajam fungsi otak lho.

1 dari 3 halaman

Penelitian Tentang Tidur Siang

Dilansir dari laman Medical Xpress, rutin tidur siang disinyalir bisa membuat ketangkasan mental meningkat. Dengan demikian, seseorang bisa lebih menyadari situasi dan tempat ia berada, fasih secara verbal, serta memiliki kemampuan memori dengan kinerja yang lebih baik.

Temuan ini didapat dari penelitian yang dilakukan pada 2.214 orang berusia 60 tahun di Cina. Berdasarkan hasil survei, sebanyak 1.534 orang di antaranya mengaku tidur siang secara rutin, sementara 680 orang sisanya tidak.

Partisipan juga diperiksa secara kesehatan dan kemampuan kognitif untuk mendeteksi keberadaan demensia. Rata-rata dari mereka memiliki waktu tidur 6,5 jam.

2 dari 3 halaman

Durasi Ideal Tidur Siang

Lalu bagaimana cara agar mendapatkan tidur siang yang ideal agar mendapat manfaat yang maksimal?

Berbeda dengan tidur malam yang harus dilakukan setidaknya 8 jam, tidur siang idealnya dilakukan tak lebih dari 2 jam. Waktu yang disarankan berkisar pada jam setelah makan siang.

Dalam penelitian yang dilakukan, para partisipan mengaku melakukan tidur siang sekali sampai setiap hari dalam seminggu. Saat dilakukan pengujian kognifit, performa mereka yang tidur siang didapati lebih tinggi dibanding yang tidak. Dampak positifnya terlihat dari bagaimana mereka memiliki ketangkasan mental yang lebih tinggi.

Munculnya manfaat dari tidur siang disebut dapat menekan peradangan dalam tubuh. Sebab, zat kimia penyebab peradangan merupakan salah satu " musuh utama" dalam hal kesulitan tidur.

Beri Komentar