Bukan Tanpa Sebab, Ternyata Ini Lho Alasan Kita Suka Banting Barang Ketika Marah

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 8 Juni 2020 07:25
Bukan Tanpa Sebab, Ternyata Ini Lho Alasan Kita Suka Banting Barang Ketika Marah
Hayo, kamu juga sering begini kan?

Kemarahan adalah salah satu hal wajar yang akan dialami manusia. Karena rasa marah melibatkan emosi, akibatnya kita seringkali meluapkan rasa tersebut dengan membanting atau melempar barang-barang.

Melakukan hal ini ketika marah memang bisa jadi jalan pintas untuk menyalurkan amarah kita. Ini akan membuat kita merasa puas, jika dibandingkan kita hanya duduk diam saja sambil menahan amarah.

1 dari 2 halaman

Efek Samping Menahan Emosi © Diadona

Dilansir dari kokbisa.id, perasaan ingin membanting barang ini ternyata disebabkan karena kita ingin menyampaikan rasa tidak nyaman ataupun tidak menyenangkan sebagai reaksi terhadap rasa sakit, frustasi, kecewa, sedih, cemas ataupun mau. Apabila kita memendam dan tidak mengekspresikan rasa ini, justru hanya akan membuat kita merasa stres.

Secara tidak langsung, membanting barang ketika marah juga bisa disebabkan karena kita merasa tak memiliki kontrol atas keadaan. Karena itu, dengan membanting barang, ini memberikan ilusi jika kita kembali merasa memiliki kontrol atas suatu hal.

Ketika marah, melakukan hal ini untuk sementara waktu memang baik, karena dapat mencegah kita dari melakukan hal-yang berbahaya lainnya. Namun tentu saja,kamu perlu memiliki kontrol atas emosi yang ada di dirimu ini.

2 dari 2 halaman

ilustrasi marah © Diadona

Karena terus-terusan melakukan hal ini tentu akan membuat orang disekitar terluka. Selain itu coba pikirkan, akan ada berapa banyak barang yang rusak karena terus melakukan ini?

Jadi, meski bagus untuk meluapkan emosi dan menghindarkan kita dari rasa stress. Sebaiknya kamu tetap memiliki kontrol diri ya.

Beri Komentar