Bukannya Malah Senang, Ada Juga Lho Orang yang Sering Merasa Takut Traveling!

Health | Senin, 23 Mei 2022 11:57

Reporter : Mila Ismiranda

Bisa jadi itu gejala Hodophobia. Kenali tanda-tandanya berikut!

Untuk sebagian orang, traveling adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. Bahkan, banyak yang menjadwalkan dari jauh-jauh hari untuk melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang diinginkan. Tapi tahukah kamu, kalau ternyata ada orang yang tidak bisa traveling karena ketakutan?

Ketakutan ini disebut dengan hodophobia? Berikut penjelasannya lengkapnya melansir Verywellmind dan Healthline.

Bukannya Malah Senang, Ada Juga Lho Orang yang Sering Merasa Takut Traveling!
2 dari total 6 halaman

Apa Itu Hodophobia?

Ilustrasi Perempuan Berlibur © Diadona

Hodophobia adalah ketakutan bepergian atau traveling pada level ekstrem yang irasional. Rasa takut ini menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan yang berlebihan. 

Sebagaimana phobia lainnya, hodophobia seringkali terjadi karena adanya persepsi tentang sesuatu yang dianggap bahaya, meskipun pada kenyataannya tidak demikian.

3 dari total 6 halaman

Gejala Hodophobia

Penderita hodophobia mengalami gejala-gejala fisik seperti tubuh gemetar, berkeringat, detak jantung cepat, kepala pusing, mengalami rasa kering pada mulut bahkan kehilangan nafsu makan. Penderita juga bisa mengalami gangguan pencernaan serta sakit kepala, bahkan bisa sampai menangis.

Semua gejala ini tentu saja akan menjadi mengganggu aktivitas yang mengharuskan seseorang bepergian.

4 dari total 6 halaman

Akibat Hodophobia

Ilustrasi Berlibur di Pantai © Diadona

Gejala hodophobia yang sudah disebutkan sebelumnya, akan menimbulkan kesulitan bagi penderitanya untuk melakukan hal-hal yang diperlukan dalam perjalanan. Di antaranya mengikuti petunjuk arah di bandara atau di kapal besar, menangani urusan bagasi, mengikuti ketentuan-ketentuan sesuai prosedur, sampai pada mengendalikan diri untuk tetap bersabar pada saat terjadi hal tak diinginkan.

5 dari total 6 halaman

Mengatasi Hodophobia

Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi hodo phobia adalah dengan berkonsultasi dengan dokter ahli.

Tapi, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk membantu menghadapi gejala-gejala ringan hodophobia, seperti:

  • Menjauhi alkohol dan obat-obatan tanpa resep dokter.
  • Mencari tahu informasi perjalanan dan tempat yang akan dituju agar kamu mempunyai bayangan seperti apa perjalananmu dan mempunyai gambaran terkait lokasi yang didatangi.
  • Tidak ada salahnya mengajak kawan atau saudara untuk menemani perjalananmu. Seorang teman bisa menenangkan dirimu saat terjadi masalah dan membantu memeriksa segala persiapan.
Join Diadona.id