Bukannya Segar Lagi, Kenapa Habis Makan Malah Ngantuk Ya?

Health | Jumat, 20 Agustus 2021 16:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Ternyata begini lho penjelasannya.

Makan adalah salah satu cara kita untuk mengisi kembali tenaga setelah lama beraktifitas. Dengan menu makanan tersebut, tubuh ita bisa menyerao segala zat yang dibutuhkan untuk menjalani aktiifitas selanjutnya.

Meski demikian, ada juga orang yang mengalami rasa kantuk setelah makan. Kenapa bisa gini ya?

Bukannya Segar Lagi, Kenapa Habis Makan Malah Ngantuk Ya?
2 dari 6 halaman

Ilustrasi MengantukIlustrasi Mengantuk © freepik.com

Dilansir dari laman Medical News Today, pada umumnya begitu makanan sampai ke lambung, sistem pencernaan akan menyerap zat gizinya untuk kemudian dibagi-bagikan ke bagian tubuh yang membutuhkan.

Sebagian besar zat tersebut akan diubah menjadi energi yang dipakai oleh otot sekujur tubuh untuk terus bergerak.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi mengantukIlustrasi mengantuk © 2019 https://www.diadona.id/foxnews.com

Sementara sisanya akan membantu tubuh memproduksi dan mengatur berbagai hormon, seperti kolesistokinin dan glukagon yang memicu rasa kenyang sekaligus menaikkan gula darah, serta serotonin dan melatonin yang merangsang rasa kantuk.

Kombinasi dari berbagai hormon ini tak hanya merasa ngantuk habis makan, tapi juga membuat tubuh lemas dan capek.

Biasanya, rasa kantuk akan menghampiri setelah kamu makan makanan yang tinggi karbohidrat dan triptofan. Contohnya nasi, kentang, pasta, roti-rotian, susu, dan pisang.

4 dari 6 halaman

Ilustrasi Mengantuk Setelah MakanIlustrasi Mengantuk Setelah Makan © Shutterstock.com

Dalam kamus populer, sensasi ngantuk setelah makan disebut dengan istilah food coma. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut postprandial somnolen. Respons tubuh ini sangat wajar dan terjadi pada hampir setiap manusia. Apalagi jika kamu baru saja makan kekenyangan.

Makan makanan yang kaya protein dan karbohidrat juga bisa membuat orang lebih mungkin merasa ngantuk daripada makan makanan lain. Hal ini disebabkan kandungan asam amino yang disebut tripofan dalam protein akan memproduksi serotonin. Sementara itu karbohidrat membantu tubuh untuk menyerap triptofan.

5 dari 6 halaman

Dengan begitu, jika kamu makan protein dan karnohidrat maka hasilnya akan semakin mudah ngantuk.

Para ahli merekomendasikan untuk tidak makan siang terlalu banyak untuk menghindari merosotnya energi di sore hari. Bagaimanapun, makan menyababkan gula darah naik dan mengahasilkan penurunan energi.

6 dari 6 halaman

Ilustrasi Pasangan Tidur NyenyakIlustrasi Pasangan Tidur Nyenyak © shutterstock.com/id/g/geargodz

Selain makanan, kelelahan atau ngantuk usai makan juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti kurang tidur atau minum alkohol saat makan.

Beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar tidak ngantuk setelah makan adalah dengan makan sedikit namun lebih sering, tidur malam yang cukup, hingga terapi cahaya atau membuat tubuh terpapar cahaya yang terang.

 

Join Diadona.id