Bukannya Sehat, Sering minum Jus Ternyata Justru Berdampak Buruk!

Health | Selasa, 27 Oktober 2020 08:25

Reporter : Mutia Wella Lukitasari

Ternyata keseringan minum jus dapat meningkatkan risiko penyakit ini.

Memiliki banyak vitamin dan kandungan baik lainnya, buah memang jadi salah satu sumber nutrisi untuk tubuh. Karena itu tak sedikit yang memilih mengonsumsi jus, bahkan sampai setiap hari.

Namun tak banyak yang menyadari jika mengonsumsi setiap hari justru berdampak buruk lho bagi tubuh.

Bukannya Sehat, Sering minum Jus Ternyata Justru Berdampak Buruk!
2 dari 4 halaman

Terlalu Banyak Gula

Ilustrasi smoothies Jus BuahIlustrasi smoothies Jus Buah © 2019 https://www.diadona.id/cdncrownmediadev

Menurut para peneliti dari Glasgow University mengatakan jika minum jus buah terlalu sering berpotensi mendapatkan efek buruk yang sama ketika tubuh mengonsumsi minuman manis lainnya.

Karena hampir setiap jus buah yang dijual bebas, mengandung gula (fruktosa) yang hampir sama besarnya seperti minuman bersoda.

Belum lagi jika diberi tambahan susu kental manis yang juga mengandung pemanis. Hal ini akan menyebabkan tubuh kelebihan kalori dan juga gula. Dalam kondisi parah, mengonsumsi jus terlalu sering dapat meningkatkan risiko diabetes.

Kamu dapat mengurangi resiko ini dengan mengurangi kandungan gula ya.

3 dari 4 halaman

Kehilangan Serat

Ilustrasi Buah-buahanIlustrasi Buah-buahan © 2020 https://www.diadona.id / berries.com


Setiap jus umumnya tak berisi ampas dari buah-buahan. Untuk membuat jus makin terasa nikmat, biasanya memang ampas dari jus disaring sehingga tak ikut dikonsumsi.

Padahal ampas dari buah ini mengandung serat yang juga nutrisi penting dari tubuh.

4 dari 4 halaman

Jus Tidak Dapat Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Berat BadanIlustrasi Berat Badan © 2019 https://www.diadona.id/medicalxpress.com

Menurut dr. Sung dari channel Youtube SB30, sayur dan buah memang baik untuk kesehatan tubuh. Karena ini banyak yang beranggapan jika mengonsumsi jus pagi siang dan malam, maka hal ini akan menurunkan berat badan tubuh.

"Selain membutuhkan nutrisi dari buah sayur, tubuh juga membutuhkan zat-zat gizi yang lain seperti. Seperti karbohidrat dan serat." ucap dr. Sung.

Meski menyehatkan, sebaiknya kita tak mengonsumsi jus keseringannya, apalagi setiap hari. Secukupnya saja ya guys!

Join Diadona.id