Cara Agar Cepat Haid Secara Alami dan Aman Itu Ternyata Seperti Ini loh Girls!

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 29 Juli 2020 18:41
Cara Agar Cepat Haid Secara Alami dan Aman Itu Ternyata Seperti Ini loh Girls!
Nggak perlu takut, iniloh cara agar cepat haid secara alami.

Girls, nggak usah bingung lagi kalau telat datang bulan karena kamu bisa cari tahu cara agar cepat haid di sini. Wajar, banyak perempuan yang merasa khawatir bahkan sampai stres kalau haid belum datang padahal sudah waktunya.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan telat haid, loh! Bisa karena terlalu capek, berat badan kurang atau berlebih, stres, masalah hormon sampai PCOS. Nah, berikut ini cara agar cepat haid tanpa harus minum obat yang bisa kamu lakukan.

1 dari 6 halaman

Cara Agar Cepat Haid Saat Telat

Cara Agar Cepat Haid © Diadona


Nggak usah gusar lagi kalau waktunya sudah datang, tapi belum juga haid. Merangkum dari berbagai sumber, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini sebagai cara agar cepat haid di bawah ini.

Jaga Berat Badan


Seperti yang sudah sempat dibahas di atas, kelebihan atau kekurangan berat badan bisa menjadi salah satu faktor penyebab telat haid. Nah, penting banget buat kamu menjaga berat badan yang ideal bisa sistem reproduksi dan ovulasi nggak terganggu, jadi nggak memengaruhi siklus haid.

Usahakan mengonsumsi makanan yang terhindar dari bahan-bahan kimia, apalagi berpengawet. Terus konsumsi makanan bergizi dan bernutrisi, olahraga rutin, jauhi merokok dan minum alkohol juga ya.

2 dari 6 halaman

Kompres atau Mandi Air Hangat

ilustrasi mandi malam wanita © Diadona


Selain menerapkan pola hidup sehat, cara agar cepat haid juga bisa dengan mengompres atau mandi air hangat. Soalnya hal ini bisa mengendurkan otot-otot tubuh yang tadinya tegang dan bisa bantu menghilangkan stres emosional.

Kamu juga bisa menambahkan wangi dari minya esensial di dalam bak agar lebih relaks. Kalau buat dikompres jadi cara agar cepat haid, kamu bisa pakai botol berisi air panas dan biarkan di atas perut. Dengan melakukan ini bisa meningkatkan aliran darah di area purut girls.

Melakukan Relaksasi


Masih ingat kan girls, kalau stres menjadi salah satu pemicu telat haid? Maka dari itu, penting bagi kita untuk menghindari stres karena bisa memengaruhi siklus menstruasi. Hal ini dikarenakan hormon kortisol atau adrenalin saat stres bisa menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron.

Untuk menghilangkan stres, kamu bisa melakukan relaksasi, seperti meditasi dan yoga. Cobalah juga untuk lebih rileks dan latihan menarik napas dalam. Oh iya, jangan lupa luangkan waktu untuk bersantai dan kumpul bersama keluarga atau teman ya. Kamu perlu membatasi jam kerja yang berlebihan agar terhindar dari stres.

3 dari 6 halaman

Minum Air Kelapa Hijau

Ilustrasi Air Kelapa © Diadona


Selain enak dan segar, air kelapa hijau juga bagus diminum untuk kesehatan tubuh. Ada kandungan antioksidan alami di dalamnya yang bisa membantu kesehatan reproduksi. Dengan minum air kelapa hijau yang segar bisa jadi cara agar cepat haid. Selain itu, ada senyawa laurat yang bekerja sebagai antibakteri, antijamur dan antivirus loh!

Vitamin C


Mengutip dari Healthline, vitamin C ini bisa meningkatkan kadar hormon estrogen dan menurunkan hormon progesteron, girls. Nah, kondisi inilah yang membuat rahim berkontraksi sehingga jadi cara agar cepat haid. Kamu bisa mendapat asupan vitamin C dari jeruk, buah-buahan berry, brokoli, bayam, kubis, paprika merah dan hijau, tomat serta blackcurrant.

4 dari 6 halaman

Kunyit

kunyit asam © Diadona


Kunyit ini dipercaya bisa memengaruhi kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Kunyit bisa kamu konsumsi dengan mencampurkannya sebagai bumbu dalam masakan, misalnya kari. Kalau mau diminum dengan madu dalam kondisi hangat juga bisa kok girls.

Teh Jahe


Selain kunyit, bumbu dapur lainnya yaitu jahe juga bisa jadi cara agar cepat haid. Jahe ini juga bisa memicu kontraksi di rahim. Nah, kamu bisa mengolahnya dengan jadi seduhan teh jahe hangat.

Caranya, rebus sepotong jahe yang sudah dikupas bersih dan diiris. Kemudian, saring dan tuang di dalam cangkir. Tambahkan madu agar rasanya manis alami.

5 dari 6 halaman

Mengurangi Aktivitas Fisik yang Berat

Ilustrasi Lelah © Diadona


Selain stres, beraktivitas fisik terlalu berat juga bisa menyebabkan siklus menstruasi jadi tidak teratur. Biasanya perempuan yang berprofesi sebagai atlet profesional sering mengalaminya. Kondisi ini membuat hormon estrogen menurun. Untuk itu, kurangin aktivitas fisik yang berlebih ya girls.

Mengonsumsi Nanas


Buah nanas memang segar untuk dikonsumsi, apalagi di siang hari. Tapi, ia juga bisa jadi cara agar cepat haid loh! Soalnya ada kandungan bromelain di dalamnya yang bisa memengaruhi hormon estrogen.

Enzim pada nanas ini bisa membantu meredakan inflamasi atau peradangan di rahim. Sehingga siklus menstruasimu bisa lebih lancar deh guys.

6 dari 6 halaman

Berhubungan Seksual

Sering Berhubungan Seks Bikin Miss V Melonggar, Mitos atau Fakta? © Diadona


Tahu nggak sih, berhubungan seksual dan mengalami orgasme bisa memicu datangnya haid loh! Hal ini dikarenakan saat berhubungan seksual leher rahim akan melebar. Sehingga daya yang menarik darah haid akan turun.

Selain jadi cara agar cepat haid, berhubungan seksual juga bisa mengurangi stres loh! Bagus banget nih buat kamu terapkan bareng suami.

Ada banyak cara agar cepat haid alami dan aman yang bisa kamu lakukan. Jadi cobalah beralih dari yang menggunakan pil ke cara agar cepat haid secara alami seperti di atas ya! Akan tetapi kalau siklus selalu terganggu dan tidak teratur, jangan ragu datang ke dokter.

Beri Komentar