Cara Mengetahui Gejala, Faktor dan Perawatan Kanker Payudara Pada Pria

Health | Jumat, 24 Januari 2020 14:49

Reporter : Novi Hardita Larasati

Setiap manusia di bumi dilahirkan dengan jumlah kecil jaringan pada payudara.

Pada umumnya pria akan berpikir bahwa mereka tidak memiliki jaringan pada payudara, tapi pria juga memiliki jaringan payudara lebih rendah daripada wanita. Setiap kali para wanita membicarakan tentang kanker payudara, hampir tidak membicarakan dan berpikir bahwa pria juga di diagnosis kondisi ini. Faktanya, laki-laki merupakan kurang dari satu persen kasus kanker payudara global yang kebanyakan sering diabaikan gejalanya.

Dikutip dari Boldsky, masih belum jelas bagi para ilmuwan yang menyebabkan terjadinya kanker payudara pada pria. Namun, telah dinyatakan bahwa kanker payudara pria terjadi ketika beberapa sel payudara membelah lebih cepat daripada sel-sel sehat. Berikut untuk mengetahui gejala, faktor dan perawatan kanker payudara pada pria.

Cara Mengetahui Gejala, Faktor dan Perawatan Kanker Payudara Pada Pria
2 dari 5 halaman

Jenis Kanker Payudara Pria

- Karsinoma Duktus

Jenis kanker dimulai pada saluran pembawa susu. Meskipun kanker payudara pada pria adalah kejadian yang jarang terjadi, namun hampir semua kasus dikarenakan Karsinoma Duktal.

- Karsinoma Lobular

Jenis kanker ini dimulai pada kelenjar penghasil susu. Tipe ini jarang terjadi karena pria memiliki sangat sedikit lobulus di jaringan payudara mereka.

3 dari 5 halaman

Gejala Kanker Payudara Pria

- Benjolan

Pada umumnya pria sering mengabaikan benjolan di dada mereka, sedikit mengetahui bahwa benjolan di pecs kalian bisa juga menjadi tanda kaknker payudara. Biasanya tanpa sakit, benjolan-benjolan ini terasa empuk saat disentuh. Jika kanker telah menyebar, pembengkakan dapat dilihat di bawah ketiak atau di sekitar tulang leher.

- Puting Terbalik

Saat tumbuh, tumor kanker payudara mulai menarik ligamen di dalam payudara, dan sebagai hasilnya itu menyebabkan puting susu terbalik atau menjadi penyok. Terkadang, disertai dengan kulit kering dan bersisik di dekat area.

- Puting Susu Keluar

Kadang-kadang pria yang mengalami kanker payudara awal akan melihat noda baju di baju mereka, tapi mereka hanya menorehhnya. Perhatikan, kalau noda selalu muncul di sisi dada yang sama, maka bisa jadi puting susu keluar. Ini terjadi saat cairan dari tumor bocor keluar dari saluran puting.

- Luka Terbuka

Dalam beberapa kasus ekstrem saat kanker telah diabaikan, pria akan mengembangkan luka terbuka pada puting susu saat tumor hampir tumbuh melalui kulit. Dalam kasus seperti ini dapat terlihat seperti jerawat yang dipetik.

Kalau kamu mengalami salah satu dari gejala di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau ahlinya.

4 dari 5 halaman

Faktor Resiko Kanker Pada Payudara Pria

- Usia
- Gen
- Hormon
- Konsumsi Alkohol Berat
- Operasi Testis
- Paparan Radiasi

5 dari 5 halaman

Perawatan Kanker Payudara Pada Pria

Berikut adalah perawatan medis yang disediakan untuk kondisi tersebut:

- Pembedahan untuk mengangkat tumor dan jaringan payudara di sekitarnya.
- Terapi radiasi seperti sinar-X dan proton, untuk membunuh sel kanker.
- Terapi hormon, kalau kanker yang dihadapi sensitif terhadap hormon, dokter dapat merekomendasikan untuk terapi hormon.
- Kempterapi

Perlu di ingat, bahwa kanker payudara saat di diagnosis pada tahap awal akan memiliki peluang bagus untuk sembuh. Meskipun banyak faktor resiko seperti usia dan gen yang tidak dapat di kendalikan. namun, ada beberapa cara yang adopsi yang bisa membantu mencegah timbulnya kondisi tersebut sampai batas tertentu seperti menjaga berat badan, olahraga setiap hari dalam seminggu, dan menghindari konsumsi alkohol.

Join Diadona.id