Cemas Hingga Bosan Jadi Alasan di Balik Kebiasaan Gigit Kuku, Benarkah?

Health | Selasa, 12 Oktober 2021 19:03

Reporter : Hevy Zil Umami

Tanpa sadar, sering dilakuin. Ini sebenernya kenapa sih?

Punya kebiasaan menggigit kuku? Kebiasaan yang umum dijumpai ini biasanya muncul ketika seseorang dalam kondisi was-was. Meski begitu, ada juga yang melakukan kebiasaan ini untuk mendapatkan kepuasan tersendiri, tanpa alasan yang jelas.

Namun, kebiasaan menggigit kuku ternyata berkaitan dengan aspek psikologis seseorang. Seperti dikatakan tadi, bisa jadi karena mengalami kecemasan akan sesuatu, atau sekadar mengusir perasaan bosan. Lebih jelasnya, simak dalam pembahasan berikut, yuk!

Cemas Hingga Bosan Jadi Alasan di Balik Kebiasaan Gigit Kuku, Benarkah?
2 dari 7 halaman

Kebiasaan menggigit kuku memang memiliki kaitan dengan psikologis seseorang, berikut beberapa kemungkinan alasannya:

 

 

3 dari 7 halaman

Kecemasan

Ilustrasi Wanita CemasIlustrasi Wanita Cemas © flo.health

Kebiasaan menggigit kuku diduga merupakan salah satu jenis kelainan perilaku, yang biasa dilakukan untuk menenangkan diri saat merasa cemas atau stres. Misalnya, ketika panik karena harus berbicara di depan umum, akan menjalani wawancara kerja, dan jenis situasi menegangkan lainnya.

4 dari 7 halaman

Berkaitan dengan Karakter Perfeksionis

Ilustrasi Gigit KukuIlustrasi Gigit Kuku © Freepik.com/drobotdean

Kebiasaan menggigit kuku tidak hanya menunjukkan tingkat stres atau kecemasan seseorang saja. Menurut Journal of Behaviour Therapy and Experimental, kebiasaan menggigit kuku juga menunjukkan bahwa orang tersebut sangat perfeksionis.

Orang yang perfeksionis biasanya menginginkan segala sesuatu berjalan sempurna sesuai harapannya. Lalu, ketika keinginannya itu tidak tercapai, ia akan menunjukkan rasa frustasinya dengan cara menggigit kuku.

5 dari 7 halaman

Merasa Bosan

Ilustrasi Perempuan BosanIlustrasi Perempuan Bosan © unsplash.com/@joshrh19

Kebiasaan menggigit kuku juga bisa terjadi karena seseorang sedang merasa bosan, misalnya saat menunggu sesuatu, tanpa sadar ia menggigiti kuku untuk mengisi kekosongan.

Nah, jika kamu memiliki kebiasaan menggigit kuku, coba ingat-ingat, apakah alasannya sama seperti beberapa kemungkinan penyebab tadi. Jika iya, kamu bisa mengurangi kebiasaan ini dengan mencoba mengendalikan emosi dan pikiran, agar lebih tenang.

6 dari 7 halaman

Cara MenghentikanKebiasan Menggigit Kuku

Menghentikan kebiasaan menggigit kuku ini merupakan sebuah hal yang penting dilakukan. Sejumlah strategi bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini.

  • Perhatikan pemicu kamu menggigit kuku dan sebisa mungkin hindari hal tersebut.
  • Cari cara untuk menyibukkan tangan dan mulut.
  • Olesi atau tempatkan hal yang terasa pahit di kuku

Sejumlah cara tersebut paling tidak bisa menurunkan kemungkinan kamu mulai menggigit kuku. Dengan melakukannya, kamu bisa terhindar dari kebiasaan buruk tersebut.

Join Diadona.id