China Berpotensi Terancam Pandemi Flu Babi G4, Seberapa Menakutkan kah?

Health | Jumat, 3 Juli 2020 07:57
China Berpotensi Terancam Pandemi Flu Babi G4, Seberapa Menakutkan kah?

Reporter : Mila Ismiranda

Setelah Corona peneliti China menemukan virus baru yang disinyalir memiliki efek yang tak kalah ganas.

Belum usai dengan virus Corona yang mengkhawatirkan masyarakat, baru-baru peneliti di China menemukan jenis virus baru yaitu flu babi G4  yang merupakan keturunan genetik H1N1.

Berbeda dengan flu babi biasa, flu babi G4 dapat menginfeksi dari hewan ke manusia melansir temuan jurnal sains Proceedings of the National Academy of Sciences di Amerika Serikat.

2 dari 3 halaman

Melansir South China Morning Post, G4 ada jenis flu babi yang punya tingkat infeksi paling tinggi di antara flu babi lainnya.

Berdasarkan tes yang sudah peneliti di China, ada 10,4 persen pekerja di industri babi sudah terinfeksi dan 4,4 persen masyarakat sudah tertular.

 

3 dari 3 halaman

Meskipun dapat menular dari hewan ke manusia, tapi para peneliti masih belum menemukan bukti konkrit apakah flu babi jenis baru ini bisa menular antar manusia. Kalau memang benar, mereka khawatir ada penambahan risiko pandemi bagi manusia.

Penelitian lantas meminta adanya tindakan lanjut untuk memonitor pekerja yang bekerja di industri babi agar tetap waspada terhadap penyakit baru ini.

Mari kita berdoa semoga virus baru ini tidak menyebar ke Indonesia dan semoga pandemi Covid-19 ini berangsur membaik ya!

Join Diadona.id