Cinta Ditolak Jangan Sedih, Bisa Jadi Doi Phobia Cewek Cantik! Eh, Beneran Ada lho

Health | Sabtu, 30 Mei 2020 12:27
Cinta Ditolak Jangan Sedih, Bisa Jadi Doi Phobia Cewek Cantik! Eh, Beneran Ada lho

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Coba baca dulu deh, jangan sedih terus!

Mungkin, saat ini kamu lagi kesemsem sama seorang pria. Penampilan kamu rombak habis-habisan hingga begitu terlihat cantik sekali di hadapan doi. Tujuannya ya tak lain dan tak bukan untuk memikat perhatian si doi.

Tapi, sekeras apapun usahamu untuk berusaha cantik, dia tak tertarik dengan kamu. Bahkan ia semakin jauh di kemudian waktu. Kalau begini, jangan keburu sedih. Bukan karena kamunya yang nggak menarik, tapi bisa jadi doi punya phobia cewek cantik!

2 dari 5 halaman

Venustraphobia

 Wanita CantikWanita Cantik © Shutterstock

Phobia ini disebut dengan venustraphobia. Ya, sudah jelas maksudnya adalah takut, literally takut. Bukan karena sifatnya yang mungkin keras atau apa, tapi karena kecantikannya. Ya, kecantikan. Padahal kalau dipikir-pikir, cowok-cowok malah mendekati cewek cantik, bukan? Lelaki yang punya phobi ini justru takut dan menjauhinya.

Gejalanya tak jauh berbeda dengan phobia lainnya. Orang dengan venustraphobia jika bertemu dengan wanita cantik biasanya mempunyai tingkat kecemasan yang luar biasa, dan bisa berujung kepanikan yang menyebabkan sesak napas dan sebagainya. Perut menjadi mual, mulut kering, gugup, badan gemetar, dan berkeringat berlebihan.

3 dari 5 halaman

Penyebab Venustraphobia

Melansir dari common-phobias.com, Orang yang mempunyao phobia wanita cantik umumnya karena mempunyai pengalaman traumatis di masa kecil. Pokoknya di masa kecilnya, ada sesuatu yang terjadi yang kemudian membuat pikirannya takut jika berhadapan dengan wanita cantik.

Namun, orang dengna phobia ini juga bisa dikarenakan faktor keturunan atau genetika. Sebab, dipercaya faktor keturunan genetika, dan kimia otak menjadi satu dengan pengalaman hidup untuk memainkan peran utama dalam perkembangan phobia.

4 dari 5 halaman

Penyembuhan Venustraphobia

 Ilustrasi Wanita CantikIlustrasi Wanita Cantik © shutterstock.com/g/Kolapatha Saengbanchong

Ada beberapa obat memang yang bisa diresepkan untuk orang yang mempunyap phobia ini. Tapi, obat-obat itu bisa mempunyai efek samping, bahkan parah. Di samping itu, obat-obat tidak menyembuhkan, hanya mengurangi tekanan pada seseorang.

Perawatan yang paling tepat adalah konseling dengan orang-orang ahli yang berkaitan. Seperti melakukan hinoterapi, psikoterapi, dan memrograman Neuro-Linguistik.

5 dari 5 halaman

Nah girls, kalau kamu merasa dirimu cantik tapi ketika doi malah ngibrit ketika kamu dekati, nggak usah sedih. Bukan karena kamu nggak cantik. Sebaliknya, bisa jadi dia punya phobia cewek cantik kayak kamu!

 

 

Terkait
Join Diadona.id