Cuaca Panas Bisa Bikin Gampang Marah, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 3 Juni 2021 08:27
Cuaca Panas Bisa Bikin Gampang Marah, Mitos atau Fakta?
Kamu gini juga gak sih?

Setiap manusia tentu mempunyai emosi. Entah itu sedih, senang, bahagia, dan marah. Penyebabnya pun bisa dikarenakan berbagai hal. Namun katanya, salah satu penyebab seseorang marah itu dipengaruhi oleh cuaca panas nih gaes. Kira-kira betul atau cuma mitos ya?

1 dari 3 halaman

Fakta

Ilustrasi Wanita Berkeringat © Diadona

Ternyata, kabar bahwa cuaca panas bikin orang gampang marah itu benar lho! Bahkan melansir dari Halodoc, ada sebuah penelitian dari Polandia yang mengatakan bahwa peningkatan suhu udara berbanding lurus dengan peningkatan stres pada diri seseorang. Sebab, ketika suhu udara alias cuaca menjadi panas, hormon kortisol (hormon penyebab stres) akan meningkat.

Ada teori lain yang mengatakan bahwa cuaca panas berkaitan dengan psikologis seseorang. Ketika susuh cuaca meningkat, denyut jantung ternyata juga meningkat, begitu juga dengan testoteron dan reaksi metaboblik yang mampu memicu saraf simpatik. Dalam kondisi ini, seseorang diberi dua pilihan yaitu " fight or flight" . Namun, biasanya seseorang akan memilih untuk " fight" alias melawan, tandanya adalah emosi.

 

2 dari 3 halaman

Cuaca Panas emang nggak bisa dihindari. Namun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk dirimu sendiri agar emosi di dalam tubuhmu mereka. Kamu bisa memperbanyak konsumsi air putih ya, serta jangan banyak minum kafein karena bisa-bisa beser.

Kemudian kalau bisa hindari sinar matahari sebisa mungkin agar tak terkena cahanya langsung (kalau bisa). Kalau kamu terpaksa di luar ruangan di bawah sinar matahari, gunakan baju berwarna cerah seperti putih ya dan kalau bisa tipis. Sebab pakaian tersebut tidak mudah menyerap panas agar tidak gampang gerah.

 

3 dari 3 halaman

Nah, itulah hal yang bisa kamu lakukan kalau hidup di kota yang cuacanya panas. Sebab, ternyata cuaca panas bisa bikin orang gampang emosi. Kalau emang sudah tidak ada kerjaan, istirahatkan diri sebaik-baiknya, ya~

Beri Komentar