Dark Mode Paa Ponsl Benarkah Lebih Baik untuk Kesehatan Mata?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 17 Mei 2022 17:03
Dark Mode Paa Ponsl Benarkah Lebih Baik untuk Kesehatan Mata?
Eh kalau sambil baca chat lama mantan mah nggak baik buat mata sih......

Menggunakan ponsel sebelum tidur pada saat lampu kamar telah dimatikan merupakan hal yang dilakukan banyak orang. Sayangnya, hal ini bisa berdampak buruk terutama pada mata dan kualitas tidur yang kita miliki.

Pada sejumlah ponsel pada beberapa waktu belakangan ini, telah terdapat fitur bernama mode gelap yang diklaim bisa mencegah dampak buruk dari cahaya biru layar ponsel. Hal ini disebut bisa menurunkan rasa tegang di mata dan membuatmu lebih nyaman dalam menggunakan gawai. Benarkah demikian?

1 dari 5 halaman

Dark Mode pada Handhphone © Diadona

Melansir dari Insider, meskipun kamu mungkin merasa mode gelap sedikit lebih nyaman untuk mata kamu, cara ini tidak dapat mencegah gejala ketegangan mata seperti sakit kepala dan mata kering.

" Mode gelap akan mengurangi tingkat cahaya biru yang dipancarkan dari layar perangkat elektronik, tetapi mungkin tidak sampai pada tingkat mempengaruhi efek merusak cahaya biru pada makula," kata Brian M. DeBroff, MD, direktur katarak dan operasi implan lensa intraokular di Yale Medicine Ophthalmology.

2 dari 5 halaman

Dark mode tidak melulu baik untuk kesehatan mata. Dalam kondisi cahaya yang terang, mode gelap membuat teks tampak pudar. Hal ini membuat mata harus bekerja lebih keras, sehingga mudah kelelahan.

Selain itu, dark mode juga cenderung membuat pengguna smartphone berlama-lama menatap layar. Hal ini dipengaruhi oleh pencahayaan yang minim, sehingga mata terasa dimanjakan.

Padahal, menatap layar terlalu lama, sekalipun menggunakan dark mode, tetap bisa menyebabkan efek samping merugikan. Salah satu kerugian yang dimaksud, yaitu terjadinya computer vision syndrome (CVS).

3 dari 5 halaman

Dark Mode pada Handhphone © Diadona

Computer vision syndrome adalah keluhan pada mata akibat penggunaan komputer, tablet, telepon genggam, dan alat elektronik lainnya secara berlebihan atau dalam waktu lama.

Semakin lama durasi penggunaannya, semakin parah juga keluhan yang bisa dirasakan. Hal ini tetap berlaku, sekalipun kamu menggunakan dark mode pada layar smartphone.

Bijaklah dalam menggunakan perangkat elektronik, tak terkecuali smartphone kamu. Meski sudah dilengkapi dengan mode gelap, bukan berarti kamu bisa menatapnya terus-menerus.

4 dari 5 halaman

Untuk mencegah dan mengobati ketegangan mata saat berlama-lama mantengi layar ponsel atau komputer, DeBroff merekomendasikan, antara lain:

  • Istirahatkan mata kamu dari layar setiap 20 menit
  • Menyesuaikan ukuran teks di layar agar lebih mudah dibaca
  • Mengenakan kacamata yang tepat untuk penglihatan kamu
  • Menggunakan tetes air mata buatan untuk mencegah kekeringan
  • Jika tips ini tidak meredakan ketegangan mata, maka kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter mata.

Beri Komentar