Dengerin Musik Bisa Menurunkan Berat Badan, Tertarik Mencoba?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 11 September 2020 08:25
Dengerin Musik Bisa Menurunkan Berat Badan, Tertarik Mencoba?
Dengerin musik sama berat badan apa hubungannya ya?

Memiliki tubuh yang sehat dan berat badan ideal adalah dambaan banyak orang. Namun tentu saja untuk mendapatkan keduanya kita perlu menjaga dan mengontrol pola hidup. Salah satunya adalah dengan berolahraga.

Olahraga bisa jadi cara jitu untuk mengatasi berat badan dan membuat tubuh tetap sehat. Tapi kamu juga dapat menambahkan hal lain untuk memlancarkan proses ini, yaitu dengan musik.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Olahraga Lari © Diadona

Dilansir dari MedicalNewsToday.com, menurut jurnal yang diterbitkan oleh The Journal of Exercise Physiology pada 2009 mengungkapkan jika orang yang berolahraga dengan musik bertempo cepat, dapat menghasilkan pembakaran kalori yang jauh lebih signifikan.

Yup, kamu dapat berolahraga sambil mendengarkan musik dengan tempo cepat. Hal ini akan berpengaruh pada detak jantung yang lebih tinggi, peningkatan suhu tubuh dan laju pernapasan yang juga ikut meningkat.

Dengan begitu, kalori yang melekat dalam tubuh daat jadi lebih banyak yang terbakar dibandingkan mereka yang mendengarkan tanpa ditemani musik.

2 dari 2 halaman

Wanita Mendengarkan Musik © Diadona

Dalam penelitian tersebut juga disebutkan jika musik bertempo cepat yang dapat membantu terbakarnya kalori adalah musik yang bergenre hip-hop atau rap.

Musik memiliki kemampuan melepaskan hormon endorfin, hormon yang dapat menimbulkan perasaan bahagia dan nyaman. Namun tak hanya itu, hormon ini juga terbukti dapat mengurangi nafsu makan dan pembakaran lemak dalam tubuh lho.

Jadi lemak-lemak yang bertahan di bagian perut yang disebabkan karena stres atau hormon kortisol dapat berkurang titik simpanannya.

Mulai sekarang lakukan olahraga sambil ditemani musik hip-hop atau rap ya. Selamat mencoba!

Beri Komentar