Dhea, Dara Asal Depok yang Buktikan Usaha Dietnya Tak Khianati Hasil

Reporter : Hevy Zil Umami
Kamis, 17 Juni 2021 02:31
Dhea, Dara Asal Depok yang Buktikan Usaha Dietnya Tak Khianati Hasil
Kecemasan akan berat badan yang tidak ringan masih dirasakan oleh banyak orang di luar sana, atau termasuk kamu? Apalagi di masa pandemi yang banyak dari kita gagal menjalani pola hidup sehat.

Kerja keras, makan enak, streaming film, yang buat kita sering lupa bergerak. Hahaha... Iya kan?

Bagi kamu yang belum tahu, Diadona.id punya komunitas bagi para perjuang diet bernama DiaDiet. Komunitas ini tak hanya berisi Diazens yang ingin menurunkan berat badan, namun juga komunitas mereka yang ingin cari teman untuk sama-sama berproses mejalani hidup lebih sehat.

Belum lama ini, ada sharing session bareng Dhea, salah satu pejuang diet yang berhasil menurunkan 20 kg berat badannya. Pesaran dong dengan perjalanan diet Dhea? Simak di bawah sini ya!

1 dari 11 halaman

Pernah Malas

Dhea DiaDiet © Diadona

Dhea, dara cantik ini berasal dari Depok, Jawa Barat. Kurang lebih sudah setahun lamanya ia konsisten dalam niat yang teguh mejalani dietnya, walau pernah mandek-mandek bentar, Dhea kembali on track.

" Aku sejauh ini sudah satu tahun lebih menjalani dietnya. Konsisten, mandek pun pasti pernah apalagi momen lebaran gini. Tapi harus tetap ingat niat awal supaya bisa konsisten dan gak kelamaan mandek.." ucap Dhea di obrolan komunitas DiaDiet.

2 dari 11 halaman

Niat yang Teguh

Dhea pun menuturkan bahwa, untuk memulai semua ini, tak lain yang harus dipegang teguh adalah niat.

" Tipsnya adalah niat
Harus teguh dulu. Tiap kali mau mandek, tiap kali merasa lelah, ingat2 kembali tujuan awal kita diet. Lihat kembali ukuran tubuh kita. Ingat-ingat ternyata masih banyak yang harus kita perjuangkan demi body goals dan hidup yg lebih sehat," ucap Dhea.

3 dari 11 halaman

Motivasi Lakukan Diet

Dhea DiaDiet © Diadona

Dhea pun membagikan motivasi awalnya menjalani diet, yaitu karena melihat pengalaman keluarga dekatnya.

" Alasan utama aku melakukan diet karena faktor kesehatan. Aku belajar dari pengalaman beberapa anggota keluarga dan kerabatku. Mereka memiliki pola makan yang kurang terjaga. Akibatnya, masa tua mereka berada dalam kondisi yang kurang fit dan sakit-sakitan."

" Aku yang masih muda jadi kepikiran, apa iya aku akan meneruskan pola makan yang berantakan seperti ini. Apa aku siap bila nanti masa tuaku juga harus sakit-sakitan akibat saat muda tidak belajar menjaga pola makan." Imbuh Dhea.

Ia pun melihat jauh ke depan, ia ingin masih memiliki tubuh yang sehat di masa tuanya kelak.

" Aku ingin jadi orang yang sehat dan fit sampai tua nanti (semoga ya ????) Karena itu aku coba belajar mengenal konsep diet dan mempraktikkannya." Ucapnya.

4 dari 11 halaman

Diet Fleksibel

Yang menarik adalah, ia tak menjalani jenis diet spesifik ala selebriti atau diet konvesional yang kerap kita dengar, melainkan ialah diet fleksibel.

" Jenis diet yang kujalani saat ini adalah Flexible Dieting. Diet ini dilakukan dengan menjaga pola makan, menghitung kalori dari setiap makanan yang kita konsumsi dan olahraga untuk meningkatkan metabolisme tubuh." Ucapnya.

5 dari 11 halaman

Pernah Coba Beberapa Jenis Diet

Dhea DiaDiet © Diadona

Walau memang Dhea pernah mencoba beberapa jenis diet, ia akhirnya jatuh cinta pada jenis diet fleksibel.

" Gak langsung fokus ke satu jenis diet. Pertama kali memutuskan diet, aku coba jenis diet DEBM (Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan) yang konon bikin turun BB secepat kilat ???? Lalu aku juga sempat coba diet keto yang mengharuskan makan protein saja. Sampai akhirnya saat searching-searching info diet, ketemulah aku dengan konsep Flexible Diet dan ternyata aku enjoy menjalaninya sampai saat ini." Ucapnya.

6 dari 11 halaman

Pengalaman pada Diet Sebelumnya

Dhea punya sedikit pengalaman tak menyenangkan pada jenis diet sebelumnya, yang membuatnya mencari jenis diet yang cocok untuknya.

" Diet sebelumnya aku sempat turun BB, dan aku yang saat itu belum paham ilmu-ilmu diet merasa excited aja gitu. Tapi lambat laun, aku pikir-pikir kembali, niatku kan ingin sehat, kalau aku makan gorengan berlemak terus berarti sama aja gak ada yang berubah dong dalam pola makanku," katanya.

" Aku juga gak ngerasain perubahan di bentuk tubuh, cuma turun BB di timbangan saja, dan akhirnya belajar jenis diet yang lain.." Imbuh Dhea.

7 dari 11 halaman

Kunci Turun Berat Badan

Dhea DiaDiet © Diadona

Nah ini nih moment of truth dari Dhea yang membocorkan kunci penurunan berat badannya.

" Teman-teman DiaDiet pasti sudah akrab dengan kata " kalori" . Pola diet yang kujalani adalah defisit kalori. Artinya, aku mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuhku. Kalau kalori yang masuk ke tubuhku sedikit, maka akan terjadi pembakaran energi/lemak yang membuat badan kita mengecil." Ucapnya.

" Kalau secara konsep dietnya, gak ada makanan yang perlu dihindari.
Tapi aku secara pribadi mengurangi kalori-ku dengan makan yang lebih banyak kandungan protein (daging, telur) dan serat (buah, sayur)." Imbuh Dhea.

8 dari 11 halaman

Workout dan Gym

Tak hanya fokus pada mengatur pola makan dan jumlah kalori yang masuk ke tubuh, Dhea juga melakukan workout baik di gym atau di rumah.

" Saat menjalani flexible diet ini, aku menyertakan rutinitas berolahraga. Jenis olahraga yang kulakukan adalah home workout," Kata Dhea

" Aku ngikutin gerakan-gerakan workout di aplikasi. Kalau teman-teman DiaDiet bisa sambil gym malah akan bagus banget. Kebetulan aku gada waktunya kalau ke gym, jadinya home workout aja deh." Imbuhnya.

9 dari 11 halaman

Kerja Keras Terbayar Lunas

Dhea DiaDiet © Diadona

Jangan dipandang sebelah mata, pekerjaan rumah sehari-hari juga bisa jadi salah satu aktivitas untuk membakar kalori, lho.

" Aku juga memperbanyak aktivitas bergerak seperti jalan kaki, nyapu, ngepel dll supaya tubuhku lebih banyak membakar energi.." Ucap Dhea. Di youtube pun sudah banyak sekali gerakan workout yang bisa kita tiru." Imbuh Dhea.

Semua kerja keras Dhea pun bagai terbayar lunas.

" Aku awal diet BB ku 75 kg kak Wulan dengan tinggi badan 150 cm. Setelah setahun lebih, saat ini beratku 55 kg.
Aku turun sebanyak 20 kg." Ucap Dhea yang membuat anggota komunitas lainnya kagum banget!

10 dari 11 halaman

Pertahankan Berat Badan

Saat ini pun Dhea mengaku sudah cukup dengan berat badannya. Kini ia fokus pada mempertahankan berat badannya kini, namun tetap menjalani pola hidup sehat.

" Kalau aku sudah merasa cukup dengan BB saat ini. Yang kulakukan sekarang adalah mempertahankan saja, kalau ternyata turun lagi juga gakpapa. Aku tetap menjaga kalori yang masuk ke tubuhku, terus belajar mengenal jenis-jenis makanan." Ucapnya.

" Jadi gada kata puas, karena diet itu adalah pola hidup yang harus kita jalani selamanya, bukan cuma setahun dua tahun." Pungkas Dhea.

Gimana Diazens? Kisah Dhea si pejuang diet ini menarik banget kan? Walau sebenarnya kita sudah hafal banget ya sama rumus menurunkan berat badan, yaitu niat+usaha yang konsisten=hasil yang memuaskan, tapi merealisasikannya pasti jauh lebih sulit daripada perkiraan kita.

11 dari 11 halaman

Gabung Komunitas DiaDiet yuk!

Dhea DiaDiet © Diadona

Namun selagi ada kemauan, pasti ada jalan! Salah satu cara mengurangi kegelisahan adalah dengan melakukan sebuah tindakan, jadi.. Yuk mulai aja dulu.

Lalu gimana bisa jadi member komunitas? Caranya mudah banget. Isi survei dan masukkan biodata kamu di form berikut ini, nanti Redaksi Diadona akan invite kamu ke Whatsapp Group.

Yuk join komunitas #DiaDiet Diadona, karena sehat itu harus diusahakan bukan hanya diimpikan saja. Bersama jadi sehat dan langsing selamanya!

Beri Komentar