Diet Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ampuh Dilakukan?

Health | Rabu, 3 November 2021 07:57

Reporter : Mila Ismiranda

Beneran ampuh atau tidak?

Seperti yang kita tahu, rajin minum air putih memang bermanfaat. Salah satunya membantu menurunkan berat badan.

Nah, dari teori tersebut, banyak yang 'terinspirasi' untuk menerapkan diet air putih saja tanpa dibarengi dengan makan dan minum apa pun selama beberapa hari.

Lantas, apakah benar-benar efektif untuk menurunkan berat badan?

Diet Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ampuh Dilakukan?
2 dari 4 halaman

Manfaat Air Putih

Ilustrasi Minum Air PutihIlustrasi Minum Air Putih © Shutterstock

Rutin minum air putih bisa melancarkan kinerja fungsi ginjal untuk membuang limbah dan racun berbahaya dalam tubuh. Tak hanya itu, minum air putih juga membuat kerja sistem pencernaan lebih efisien mengolah makanan sekaligus mengendalikan nafsu makan.

Manfaat diet minum air putih dalam jangka pendek bisa langsung dirasakan oleh orang-orang yang memiliki penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan kelebihan berat badan (overweight).

Tapi jika hanya bertujuan untuk penurunan berat badan, diet air putih baru akan memperlihatkan hasilnya setelah dilakukan berkelanjutan atau dalam jangka waktu lama.

3 dari 4 halaman

Amankah Diet Air Putih?

Diet minum air putih sebetulnya hanya boleh dilakukan mulai dari 24 jam hingga maksimal 3 hari. Lebih dari itu, malah akan banyak potensi masalah kesehatan yang bermunculan.

Hal tersebut karena air putih bebas kalori dan tidak memiliki nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh seperti lemak, protein, dan vitamin. Satu hari saja kamu mencoba diet ini, nutrisi di otak sudah bisa berkurang sehingga akan bekerja semakin lambat.

Akibatnya, Anda sulit konsentrasi, sering bengong, mudah emosi, hingga rentan berhalusinasi. Hal ini juga akan menimbulkan migrain.

Selain itu, perut yang kosong dalam waktu bisa dapat menyebabkan asam lambung naik yang nantinya memicu penyakit maag.

4 dari 4 halaman

Tips Diet Air Putih yang Tepat

Ilustrasi Minum Air PutihIlustrasi Minum Air Putih © Shutterstock

Kamu boleh mulai kurangi porsi makan besar dan camilan dalam beberapa hari menjelang diet air putih, tapi pastikan lauknya bervariasi dan mengandung nutrisi serta energi tinggi.

Mulailah perlahan dengan minum minuman kaya nutrisi seperti jus buah atau smoothie mengenyangkan pada hari-hari awal diet.

Selama sedang menjalani diet air putih, hindari berolahraga terlalu berat agar tidak dehidrasi. Hindari juga minum lebih banyak air dari biasanya saat diet. Terlalu banyak minum air putih bisa berbalik membahayakan kesehatan.

Ketika selesai diet minum air putih, hindari makan terlalu banyak sekaligus. Mulai makan lagi secara bertahap untuk menghindari sakit perut dan gangguan pencernaan yang lain.

Join Diadona.id