Diet Sejak Dini, Kunci Hindari Buncit di Kemudian Hari

Health | Sabtu, 29 Mei 2021 14:40

Reporter : Firstyo M.d.

Yuk diet sekarang juga mumpung masih muda!

Memiliki perut buncit adalah mimpi buruk untuk banyak orang. Hal tersebut biasa terjadi pada orang-orang yang berusia tak lagi muda, di mana mereka mengalami penggemukan yang terjadi hanya di bagian perut saja.

Untuk Diazens yang masih muda, tentu nggak ingin mengalami hal tersebut kan? Rupanya, menumbuhkan kesadakan diet sejak dini jadi kunci penting agar terhindar dari pembuncitan di saat usia semakin bertambah.

Diet Sejak Dini, Kunci Hindari Buncit di Kemudian Hari
2 dari 3 halaman

Pengaruh Metabolisme

Dijelaskan oleh Direktur Micronutrient Initiative, dr. Elvina, M.Sc., Sp.GK, Ph.D, bahwa pembuncitan pada orang-orang yang berada di usia di atas 30 tahun berhubungan dengan perubahan metabolisme tubuh.

"Semakin tua seseorang, semakin berkurang pula metabolismenya. Jangan heran kenapa banyak yang buncit," ujar dr. Elvina dikutip dari laman Liputan6.com.

Lebih lanjut, dr. Elvina menyebut bahwa waktu terbaik untuk melakukan diet adalah sebelum menginjak usia 30 tahun. Namun proses diet haruslah berkesinambungan dan tak berhenti di tengah jalan.

Sebab, bagi seseorang yang memulai diet di umur kisaran 20 sampai 21 tahun dan berhasil menurunkan banyak berat badannya namun terhenti di umur 26 tahun yang membuat berat badannya naik, akan mengalami kesulitan ketika memulai diet lagi di umur 28 dan seterusnya.

"Pasti berasa banget. Di awal-awal mungkin gampang menurunkan banyak, begitu semakin tua usianya, semakin sulit untuk sekadar menurunkan dua sampai lima kilogram," terang dr. Elvina.

3 dari 3 halaman

Pilih Pola Diet yang Standar

Dokter Elvina menyarankan agar kita memilih pola diet yang standar dan memerhatikan asupan gizi tanpa meninggalkan satu sumber pun. Sebab, tak jarang peniadaan salah satu makanan dapat mengurangi asupan gizi yang bisa jadi penting.

Hal ini perlu dilakukan agar kita terbiasa dengan pola makan selama proses diet berlangsung sehingga terhindar dari naik turunnya berat badan secara drastis yang justru berbahaya untuk tubuh.

"Banyaknya jenis diet sekarang memang membuat orang cepat kurus, tapi begitu dia sudah tidak diet lagi, besar kemungkinan berat badannya akan naik. Jadinya yoyo. Itu yang bahaya," ujar dr. Elvina.

Saat diet, atur pola makan seperti biasa dengan asupan karbohidrat, protein, serat, dan lemak yang sehat dan lengkap. Perhatikan juga kebutuhan gula dan garam beserta batasan konsumsinya.

 

Join Diadona.id