Dikenal Sebagai Jendela Ilmu, Ternyata Ada Lho Orang yang Phobia sama Buku!

Health | Jumat, 31 Juli 2020 11:27
Dikenal Sebagai Jendela Ilmu, Ternyata Ada Lho Orang yang Phobia sama Buku!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Kok bisa ya?

Jika ada yang suka membaca buku, paling kebalikannya ya nggak suka baca buku. Padahal, buku dikenal sebagai jendelanya ilmu. Tapi, ternyata ada lho yang takut sama buku! Padahal buku nggak salah apa-apa niih!

2 dari 5 halaman

Bibliophobia

Orang yang takut sama buku, melansir dari Very Well Mind, ternyata disebut dengan bibliophobia. Bisa takut semua buku, tapi bebreapa hanya takut dengan beberapa jenis buku saja. Misalnya novel, buku sejarah, dan lainnya.

Atau, bisa juga diartikan sebagai takut membaca buku dengan suara keras di depan umum. Kalau tetap dipaksa, akan mengalami kesulitan, gugup gemetar, berkeringat, hingga menangis ketika harus membaca.

Belajar pun akan menjadi sulit. Sebab, memang buku aja sudah ketakutan. Jika berada di perpustakaan, phobia-nya bisa menjadi-jadi.

Untuk mengatasi kesulitan mendapatkan informasi karena nggak bisa phobia buku, mereka dengan bibliophobia biasanya akan meminta orang lain untuk memberitahunya informasi yang ia maksud.

3 dari 5 halaman

Penyebab

Mengetahui seseorang mempunyai bibliophobia adalah hal yang penting. Ada beberapa kemungkinan, tapi utamanya berhubungan dengan masa lalu atau trauma.

Mungkin, orang itu pernah dikucilkan ketika masih anak-anak karena belum bisa mahir membaca. Atau bahkan ketika orang itu belum bisa membaca, ia dipaksa untuk membaca. Rasa takut pun muncul pada saat itu.

4 dari 5 halaman

Penanganan

Karena hal ini berhubungan dengan keadaan psikologis, sebaiknya pergi ke psikiater atau psikolog adalah pilihan yang tepat. Orang dengan bibliophobia akan mendapatkan penanganan dan perawatan yang terbaik.

Kemungkinan bakal diajari pandangan baru dan cara berpikir pada buku, dikit demi sedikit gimana caranya bisa beberapa halama buku.

Terkait
Join Diadona.id