Disaksikan Jokowi Langsung, Calon Vaksin Covid-19 Disuntikan Pada 1.620 Relawan di Bandung

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 11 Agustus 2020 15:27
Disaksikan Jokowi Langsung, Calon Vaksin Covid-19 Disuntikan Pada 1.620 Relawan di Bandung
Bakal segera rilis?

Sudah ada calon vaksin yang sudah masuk pada uji klinis fase 3. Melansir dari Liputan6.com, Jokowi pun menyaksikan langsung penyutikkan calon vaksid covid-19 tersebut pada 1.620 relawan yang ada di hari pertama.

1 dari 4 halaman

Hari Pertama Uji Klinis Penyutikan Calon Vaksin di Bandung

Masih di hari pertama, uji klinis penyutikan calon vaksin ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/8/2020).

" Hari ini saya hadir di Fakultas KEdokteran di Bandung Unpad dalam rangka melihat secara langsung pelaksanaan penyuntikan yang perna untuk imunisasi, untuk 1.620 relawan," ucap Jokowi kepada pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden.

2 dari 4 halaman

Berharap Sudah Siap Pada Januari 2021

Jokowi sendiri berharap dan menargetkan uji klinis fase III terhadap para calon vaksin ini bisa diselesaikan dalam 6 bulan. Sehingga, pada Januari 2021 sudah siap diproduksi.

" Kita harapkan nanti di bulan insyaallah di bulan Januari kita sudah bisa memproduksi dan sekaligus juga kalau produksinya sudah siap langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di tanah air," jelas Jokowi.

3 dari 4 halaman

Dikembangkan oleh PT Bio Farma

Vaksin yang disuntikan kepada 1620 relawan tersebut dikembangkan oleh PT Bio Farma bersama perusahaan vaksin asal Tingkok Sinovac. Mereka memiliki kesamaan platform dalam hal yang disebut inactivated vaccine.

Sinovac sendiri mempunyai pengalaman terpercaya dalam pengembangan vaksin yang memenuhi pre=qualifikasi WHO.

Beri Komentar