Duduk Terlalu Lama Sebabkan Ambeien, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 22 September 2020 08:25
Duduk Terlalu Lama Sebabkan Ambeien, Mitos atau Fakta?
Banyak mitos mengenai penyakit ambeien ini, salah satunya adalah duduk terlalu lama.

Ambeien atau juga wasir sebenarnya bukan suatu penyakit yang berbahaya dan serius. Namun memang banyak orang yang malu untuk memeriksakan penyakit ini pada dokter. Hal ini lah yang justru dapat menyebabkan ambeien makin parah.

Ambeien menimbulkan rasa ketidaknyamanan, karena ini lah umumnya orang yang memiliki wasir akan merasa tak nyaman untuk duduk terlalu lama. Hal ini pun membuat banyak orang meyakini jika duduk terlalu lama dapat membuat seseorang terkena ambeien, sebenarnya ini mitos atau fakta ya?

1 dari 2 halaman

Duduk Terlalu Lama Sebabkan Ambeien

Ilustrasi Sakit Ambeien © Diadona

Ambeien sendiri adalah terjadinya pembesaran atau pembengkakan pada pembuluh darah vena, yaitu sekitar bagian luar anus atau rektum. Sebenarnya terdapat banyak hal yang menyebabkan ambeien. Namun umumnya, ambeien disebabkan karena permasalahan pada saat buang air besar, seperti sembelit atau diare kronis, mengejan terlalu keras saat buang air, atau terlalu lama buang air besar.

Duduk terlalulama umumnya dilakukan pekerja kantoran gamers atau yang lainnya. Ketika sering duduk terlalu lama, ini menunjukkan kondisi hidup yang sedenter atau kurang bergerak.

Hal ini tentu dapat berdampak buruk bagi tubuh. Misalnya seperti kenaikan berat badan hingga menyebabkan kesulitan buang air besar atau sembelit.

 

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Wanita Kerja © Diadona

Sembelit pun tentunya dapat membuat tubuh harus mengejan dengan keras saat buang air besar. Hal ini tentu menyebabkan lebih banyak tekanan pada pembuluh darah vena di sekitar anus. Kondisi ini yang dapat menyebabkan mengalami ambeien.

Jadi, duduk terlalu lama secara tak langsung dapat menjadi faktor penyebab munculnya penyakit ini. Sebaiknya hindari duduk untuk waktu yang terlalu lama ya. Usahakan untuk sering melakukan peregangan jika memang perlu duduk untuk waktu yang cukup lama.

Beri Komentar