Emang Cewek Doang? Cowok Juga Bisa PMS lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 30 Juni 2021 09:27
Emang Cewek Doang? Cowok Juga Bisa PMS lho!
Udah tau belum cowok juga bisa PMS~

Ketika wanita hendak mengalami mensturasi, pasti sering banget mengalami sindrom pramenstuasi alias PMS. Biasanya perubahan yang paling terlihat adalah mood. Yang tadinya biasa saja langsung berubah buruk moodnya. Bukan sebentar, melainkan bisa dalam waktu yang cukup lama.

Karena hal tersebut, wanita sering banget dicap sebagai sosok yang memiliki mood stabil. Ya karena PMS itu. Namun siapa yang belum tahu nih, ternyata cowok juga bisa PMS lho!

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Pria Marah © Diadona

Kok Bisa? Kan nggak Mens~ Ya, emang nggak cowok itu nggak menstruasi. Namun pria juga bisa mengalami gejala yang sama saat wanita PMS, sebutan kondisi ini adalah irritable male syndrom (IMS). Sebutan lainnya adalah male depressive syndrom.

Melansir dari Hello sehat, irritable male syndrom merupakan keadaan ketika pria merasa gugup, hingga menjadi mudah gelisah, tersinggung, kelelahan, dan depresi. Benar-benar kayak cewek pas PMS! Keadaan PMS pada pria ini disebabkan karena penurunan kadar testosteron. Bisa juga dikarenakan stres tinggi serta penurunan zat serotonin pada otak.

 

2 dari 4 halaman

Pria yang IMS mirip banget dengan cewek yang PMS. Mereka juga mudah marah, cemas, tersinggung, dan pokoknya sensitif banget, deh! Mereka juga bisa menjadi antisosial dan depresif. Namun, ternyata menurut pendapat Jed Diamon, Ph. D, ketika IMS pada pria sampai bisa melakuan tindak kekerasan.

Itukan gejala-gejala psikis, ya. Nah kalau gejala fisiknya juga ada nih. Pria yang mengalami IMS bisa kehilangan gairah seksual. Punggungnya bisa nyeri banget, sakit kepala, bahkan sampai ada gangguan fungsi seksual pria lho!

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Pria Marah © Diadona

Karena testoteron adalah salah satu penyebab pria IMS, seiring usia bertambah kondisi ini bisa rentan terjadi. Sebab semakin tua kita, semakin berturun kadar hormon testoteron seseorang. Selain itu, turunnya testoteon bisa juga karena obesitas, konsumsi alkohol, merokok, serta pola diet yang tidak benar.

Jika gejala IMS pada pria sering terjadi, lebih baik emang pergi ke dokter untuk berkonsultasi agar mendapatkan penanganan yang tepat, guys!

Beri Komentar