Fungsi Otak Berkurang Pada Lansia, Ini Cara Pencegahannya yang Efektif

Health | Minggu, 11 April 2021 08:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Ternyata terdapat beberapa cara untuk mencegah penurunan fungsi otak pada lansia.

Ketika seseorang sudah tua, tentu perubahan fisik pun terjadi. Penurunan fungsi otak adalah perubahan yang paling menonjol. Fungsi inilah yang memengaruhi kemampuan seseorang dalam berpikir. Ketika fungsi otak turun, proses berpikir seseorang pun bisa jadi lamban dalam memproses informasi, mengambil keputusan, mengingat, berimajinasi, dan lain sebagainya.

Ternyata, melansir dari Hello sehat, terdapat sebuah penelitian di tahun 2015 yang mengungkapkan bahwa penurungan fungsi otak bisa dicegah lho! Gimana caranya?

Fungsi Otak Berkurang Pada Lansia, Ini Cara Pencegahannya yang Efektif
2 dari 7 halaman

Pola Makan Sehat

Ilustrasi Lansia DietIlustrasi Lansia Diet © Shutterstock

Pernah dengar istilah 'Kamu adalah apa yang kamu makan'? Ya, hal ini benar adanya. Konsisten menjaga pola makan dan menu makanan yang sehat bisa mencegah adanya penurunan fungsi otak. Misalnya dengan makanan kolesterol dan lemak rendah. Terlebih untuk lebih banyak konsumsi ikan berlemak yang punya kandungan omege-3. Misalnya aja salmon, tuna, dan lain sebagainya, juga buah yang kaya akan antioksidan seperti bayam dan brokoli.

3 dari 7 halaman

Giat Olahraga

Ilustrasi Lansia Susah TidurIlustrasi Lansia Susah Tidur © Shutterstock

Selain menjaga pola makan dan menu makanan yang sehat, giat olahraga juga harus dijaga konsistensinya. Sebab, banyak aktivitas sehat bisa meningkatkan kemampuan kognitif, karena suasana hati meningkat sementara stres berkurang. Gak perlu olahraga yang berat, yang penting tubuh aktif secara maksimal paling tidak 30 menit setiap hari. Aerobik sangat direkomendasikan.

4 dari 7 halaman

Cukup Tidur

Ilustrasi Lansia DietIlustrasi Lansia Diet © Shutterstock

Selanjutnya adalah seseorang harus menjaga konsistensinya untuk cukup tidur setiap hari. Sebab jika sering kurang tidur, justru malah membuat keadaan otak menjadi kurang baik. Sebab cukup tidur mempunyai manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh dan otak.

5 dari 7 halaman

Aktif Bersosialiasi

Ilustrasi Lansia OmpongIlustrasi Lansia Ompong © Shutterstock

Jangan sampai kamu kurang bersosialisasi ya. Sebab aktif bersosialisasi bisa mencegah kamu dari penurunan fungsi otak. Bisa lebih aktif lagi berkomunikasi dengna keluarga, teman, tetangga, atau siapapun yang dikenal. Ikut kegiatan sosial yang bermanfaat dan menyenangkan justru bagus banget!

6 dari 7 halaman

Terus Belajar

Ilustrasi LansiaIlustrasi Lansia © shutterstock.com/g/whyframe

Meski seiring berjalannya waktu usia terus bertambah, bukan berarti itu membuat seseorang berhenti belajar. Sebaliknya, justru dengan terus giat belajar, itu melatih otak agar tak terjadi penurunan fungsi. Belajar sesuatu yang baru, seperti memasak, menjahit, musik dan lain-lainnya. Belajar tak harus membaca buku tebal, kok!

Join Diadona.id