Gak Boleh Insecure Lagi, Ini Sederet Alasan Berbangga Diri Miliki Kulit Sawo Matang!

Health | Kamis, 5 Agustus 2021 17:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Selain bikin cantik eksotis, ternyata kulit sawo matang ada manfaatnya lho untuk kesehatan.

Para cewek di Indonesia dikenal memiliki kulit sawo matang yang eksotis. Sayangnya, masih banyak dari mereka yang minder dengan kulit sawo matangnya. Wanita Indonesia masih banyak yang terkurung stigma 'cantik harus putih'.

Padahal, secara kesehatab memiliki kuli sawo matang punya manfaat yang baik. Apa aja ya manfaatnya? Coba sini kita simak bareng-bareng!

Gak Boleh Insecure Lagi, Ini Sederet Alasan Berbangga Diri Miliki Kulit Sawo Matang!
2 dari 6 halaman

Mengurangi Resiko Terkena Kanker Kulit

Gejala Kanker KulitGejala Kanker Kulit © shutterstock.com/CLS Digital Arts

Seseorang yang memiliki warna kulit gelap seperti sawo matang lebih memiliki banyak melanin yang bekerja sebagai perisai biologis untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Hal ini tentu mengurangi risiko terkena penyakit kanker kulit, dibanding yang memiliki kulit lebih cerah.

3 dari 6 halaman

Tulang Jadi Lebih Kuat

Ilustrasi ColarboneIlustrasi Colarbone © indianexpress.com/

Selain menekan terkena kanker kulit, memiliki Memiliki kulit sawo matang ternyata juga membuat kulit memiliki cadangan vitamin D3 dengan lebih banyak lho.

Dengan bantuan sinar ultraviolet, kalsium dapat terbentuk. Dalam jangka panjang, risiko mengalami osteoporosis bisa berkurang.

4 dari 6 halaman

Friendly dengan Sinar Matahari

Ilustrasi BerjemurIlustrasi Berjemur © shutterstock.com/id/g/AbElena

Pemilik kulit putih umumnya lebih sering mengalami sunburn atau kulit yang terbakar, dimana kulitnya akan menjadi kemerahan ketika terpapar sinar matahari. Tak jarang hal ini bisa membuat kulit sampai terkelupas.

Namun hal ini nggak berlaku buat mereka yang punya kulit sawo matang. Karena tekstur kulit yang tak terlalu cerah, mereka jadi tak terlalu sensitif dengan sinar matahari.

5 dari 6 halaman

Lebih Awet Muda

Yup, kulit sawo matang cenderung lebih lambat mengalami kerutan.Tak hanya kerutan, namun juga bintik-bintik penuaan hingga noda hitam yang umumnya muncul memasuki usia senja.

Hal ini disebabkan karena kadar melanin pada kulit sawo matang yang lebih banyak, karena itu kulit akan memiliki lebih sedikit kerutan dan noda, meski terkena sinar matahari dalam jumlah yang sama.

Join Diadona.id