Gak Cuma Berkebun, Rajin Beres-Beres Rumah Ternyata Juga Bikin Lansia Jadi Lebih Sehat!

Reporter : Anif Fathul Amin
Minggu, 5 Juni 2022 08:20
Gak Cuma Berkebun, Rajin Beres-Beres Rumah Ternyata Juga Bikin Lansia Jadi Lebih Sehat!
Meski punya manfaat bagus, namun teta[ harus dibatasi ya!

Menjadi lansia sehat dan terbebas dari penyakit kronis tidak harus dicapai dengan usaha yang muluk-muluk. Anda bisa memulainya dengan rajin beres-beres rumah setiap hari. Faktanya, penelitian membuktikan bahwa melakukan pekerjaan rumah sederhana seperti memasak, cuci piring, berkebun, dan berbelanja, bisa membantu meningkatkan kualitas hidup lansia di usia senja.

1 dari 6 halaman

Alasan lansia sehat karena rajin beres-beres rumah

Ilustras Lansia Beres-Beres Rumah © Diadona

Lansia sehat adalah mereka yang lebih telaten untuk membersihkan rumah, begitu ungkap sebuah penelitian dari Clinical Gerontology Branch di National Institute on Aging, Maryland, Amerika Serikat. Penelitian tersebut dikepalai oleh Chhanda Dutta, PhD.

Penelitian ini menyebutkan bahwa beres-beres rumah merupakan aktivitas fisik sederhana yang baik untuk lansia. Beraktivitas fisik rutin mampu mencegah berbagai macam penyakit dan penurunan fungsi tubuh yang sering mengintai lansia, sehingga dapat menjadi cara lansia tetap sehat dan bugar.

2 dari 6 halaman

Aktivitas fisik dapat membantu membuat kamu lebih kuat, mencegah keropos tulang, memperbaiki keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan mood, meningkatkan daya ingat, membuat tidur lebih nyenyak, dan mengurangi gejala tertentu akibat penyakit kronis. kamu yang sudah mengidap penyakit tertentu seperti diabetes atau stroke pun bisa mencegah kondisi kesehatan terus merosot dengan beraktivitas fisik.

Temuan penelitian di atas juga didukung oleh sebuah studi dari Jerman yang diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health. Tim peneliti menyatakan bahwa orang-orang yang berusia 65 tahun ke atas memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi jika lebih rajin melakukan pekerjaan rumah.

 

3 dari 6 halaman

Ilustras Lansia Beres-Beres Rumah © Diadona

Peneliti melaporkan bahwa lansia yang menghabiskan waktu antara 3-6 jam untuk melakukan pekerjaan rumah tangga setiap harinya 25 persen dilaporkan memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang hanya menghabiskan 1-2 jam mengerjakan pekerjaan rumah setiap harinya.

Menariknya lagi, manfaat beres-beres rumah untuk menjamin lansia sehat selalu dilaporkan lebih tinggi pada lansia laki-laki. Padahal, pekerjaan rumah diidentikan dengan tugas wanita. Kesimpulan ini didapat setelah mengamati kebiasaan harian lebih dari 15 ribu pria dan 20 ribu wanita lanjut usia di lebih dari tujuh negara, termasuk Italia, Jerman, Inggris, dan Amerika Serikat. Peneliti justru menemukan bahwa beres-beres rumah kurang dari tiga jam sehari justru menurunkan kondisi kesehatan lansia, terutama pria yang umumnya lebih jarang melakukannya ketimbang wanita.

4 dari 6 halaman

Berapa lama lansia seharusnya melakukan pekerjaan rumah?

Ilustras Lansia Beres-Beres Rumah © Diadona

Hasil penelitian membuktikan bahwa pria lansia umumnya hanya menghabiskan waktu sektiar 3 jam per hari untuk beres-beres rumah, sementara lansia wanita bisa menghabiskan hampir 5 jam per hari. Jenis pekerjaan rumah yang dilakukan juga jauh lebih berat pada wanita, misalnya mengepel, cuci piring, cuci baju, masak dan berbelanja. Jika dibandingkan dengan lansia pria yang bersifat perawatan dan perbaikan, seperti memperbaiki kran bocor.

Terlalu banyak atau rajin beres-beres rumah juga tidak baik untuk kesehatan, terutama bagi wanita lanjut usia. Kesehatan mereka cenderung memburuk karena mengerjakan pekerjaan rumah lebih dari 3 jam setiap hari. Pada akhirnya, kebiasaan ini berdampak pada durasi dan kualitas tidur wanita lansia. Wanita yang menghabiskan berjam-jam mengerjakan pekerjaan rumah juga biasa mengalami stres berlebih.

5 dari 6 halaman

Oleh karena itu, untuk menjaga kedua lansia sehat selalu dalam berumah tangga maka diperlukan keseimbangan dalam pendistribusian tugas rumah tangga di antara pasangan lanjut usia.

Beri Komentar