Gak Cuma Buat Hiburan, Dengerin Musik Punya Banyak Manfaat Buat Kesehatan lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 11 September 2020 15:27
Gak Cuma Buat Hiburan, Dengerin Musik Punya Banyak Manfaat Buat Kesehatan lho!
Wah, apa aja yaa?

Musik udah menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Aktivitas seharian penuh sering membuat diri suntuk. Maka musik favorit sering menjadi teman untuk menghibur diri sendiri.

Banyak orang yang menganggap bahwa musik ya cuma sebagai hiburan saja. Tapi ternyata, melansir dari Liputan6.com, dengerin musik punya banyak manfaat lho buat kesehatan!

1 dari 8 halaman

Pengaruhi Gelombang Otak

Wanita Mendengar Musik © Diadona

Getaran suara bisa merangsang gelombang otak, menurut sebuah penelitian. Tergantung kecepatan getaram pada musik, hal ini yang memengaruhi kewaspadaan.

Penelitian yang dilakukan dari University of Kansas Medical Center bahkan menemukan bahwa orang yang terbiasa dengan musik mempunyai otak yang lebih awet muda dibanding mereka yang gak suka musik.

2 dari 8 halaman

Redakan Stres

Namanya juga hiburan, musik tentu bisa meredakan stres, berdasarkan sebuah penelitian di University of Gothenburg. Kondisi psikologis menjadi lebih baik. Diri menjadi lebih tenang.

Mood menjadi lebih meningkat. Lebih tenang. Musik ternyata bisa mengalihkan energi dari amarah menjadi bahagia, tentu dengan bantuan genre yang berbeda.

3 dari 8 halaman

Lindungi Pendengaran

Wanita Mendengarkan Musik © Diadona

Sebuah penelitian pada tahun 2001 mengungkapkan bahwa orang yang sering main musik punya kemampuan pendengaran yang baik. Hal ini bisa diibaratkan melatih otot; melatih pendengaran pun juga demikian. Namun disarankan jangan menyetel musik dengan volume terlalu keras, apalagi kalau sedang pakai headphone.

4 dari 8 halaman

Redakan Sakit

 

Kalau lagi sakit atau nyeri di bagian tubuh tertentu, dengerin musik aja. Sebab, ternyata berdasarkan penelitian di University of Utah Pain Research Center, dengarin musik bisa bantu turunkan rasa sakit atau nyeri.

Mungkin karena teralihkan. Jadi mereka menjadi lupa akan rasa sakit fisik mereka.

5 dari 8 halaman

Perkuat Daya Ingat

Wanita mendengarkan musik © Diadona

Musik ternyata bisa meningkatkan daya ingat. Penelitian dari Hong Kong mengungkapkan bahwa dengarkan musik bisa tingkatkan kemampuan otak anak-anak. Dibanding mereka yang tak dengarkan musik, orang yang suka dengarin musik punya nilai lebih baik dalam tes daya ingat.

6 dari 8 halaman

Jantung Sehat

 

Mendengarkan musik cerria, menurut penelitian University Maryland Medical Center, bisa melancarkan aliran darah hingga 26 persen. Jantung pun dengan demikian menjadi sehat. Namun sebaliknya. Musik sedih bisa turunkan aliran darah hingga enam persen.

7 dari 8 halaman

Bantu Turunkan Berat Badan

Dengerin Musik Bisa Menurunkan Berat Badan, Tertarik Mencoba? © Diadona

Musik bantu turunkan berat badan? Tentu saja. Olahraga sambil dengerin lagu dengan tempo cepat bisa membuat proses menurunkan berat badan menjadi lebih signifikan. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca di sini.

Beri Komentar