Gak Mandang Gender, Cowok Juga Bisa Kena Kanker Payudara!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 8 April 2020 05:54
Gak Mandang Gender, Cowok Juga Bisa Kena Kanker Payudara!
Wah, para cowok nggak boleh lagi cuek sama masalah ini!

Payudara biasanya dihubung-hubungan dengan wanita. Sebab payudara biasanya identik dengan penghasil susu pada wanita. Sedangkan cowok, walaupun sebenarnya juga punya payudara, biasanya pada mereka disebut dada saja. Ya, karena mereka nggak menghasilkan susu seperti wanita.

Tapi meski demikian, melansir dari National Breast Cancer Foundation, kanker payudara ternyata bisa menyerang cowok, nggak hanya wanita. Namanya juga bukan ngikut kanker dada ya, tapi tetap kanker payudara.

1 dari 3 halaman

Meskipun ada, tapi kasus kanker payudara pada pria sangatlah jarang. Perbandingannya adalah 1 dari 1000 pria. Kanker payudara pada cowok biasanya ditandai dengan munculnya benjolan keras di bawah puting dan areola.

Meskipun jarang terjadi pada pria, persentase tingkat kematiannya lebih tinggi daripada kanker payudara pada wanita. Hal ini dikarenakan cowok yang punya kanker payudara nggak sadar kalau ternyata benjolan itu merupakan tanda kanker payudara, sehingga menjadi sangat terlambat untuk ditangani.

2 dari 3 halaman

Selain itu, melansir dari Merdeka.com, Andhika Rachman, seorang Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik, mengatakan bahwa kanker payudara pada cowok itu sifatnya lebih ganas. Sebab gak seperti wanita yang punya jaringan payudara tebal, payudara cowok sangat minum pelindungnya. Sehingga ketika terjadi pada cowok, kanker benar-benar menempel pada otot dan kulit.

National Heath Foundation mengatakan bahwa ada setidaknya tiga faktor yang menyebabkan kanker payudara pada cowok. Pertama adalah paparan radiasi yang tinggi. Kedua adalah tingginya hormon estrogen. Sementara yang ketiga adalah riwayat kanker pada keluarga alias keturunan.

3 dari 3 halaman

Nah untuk para cowok, udah tau kan ternyata payudara atau dada mu itu juga bisa kena kanker payudara. Jadi kalau ada benjolan keras sebagai tanda-tanda penyakit teresbut, jangan ragu untuk segera periksa ke dokter, ya!

Beri Komentar