Gak Perlu Minder Lagi, Jadi Lebih Gemuk Setelah Menikah adalah Tanda Bahagia!

Health | Senin, 2 Agustus 2021 09:03

Reporter : Anif Fathul Amin

"Wah, abis nikah jadi tambah gemukan nih ya. Dimasakin apa sih sama istri?"

Pertanyaan di atas sering kali kita terima dari teman yang udah lama nggak bertemu. Yap, pertanyaan tersebu seolah-olah menjadi stigma yang melekat, kalau bahagia tidaknya pernikahan bisa ditentukan dengan berambahnya berat badan.

Dari pertanyaan tersebut, banyak orang jadi menyimpulkan kalau di antara suami atau istri yang berat badannya bertambah, berarti ia disebut sebagai pihak yang bahagia. Dan, begitupun sebaliknya.

Tapi, benarkah demikian? Yuk, mari kita coba cari tahu!

Gak Perlu Minder Lagi, Jadi Lebih Gemuk Setelah Menikah adalah Tanda Bahagia!
2 dari 6 halaman

Pasangan dengan Perempuan GemukPasangan dengan Perempuan Gemuk © vox.com/ Robbie Tripp/ @tripp

Gemuk dan bahagia, menurut ilmu pengetahuan, adalah fenomena nyata. Dua hal ini memang terbukti benar adanya sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh di University of Glasgow membuktikan bahwa orang yang menikah cenderung mengalami kenaikan berat badan karena mengadopsi gaya hidup pasangan, terutama pola makan yang tak sehat.

3 dari 6 halaman

Dilansir dari Live Strong, penelitian lain membuktikan bahwa pasangan yang menikah dua tahun atau lebih cenderung berat badannya lebih bertambah dibanding mereka yang jomlo. Hal ini semakin membuktikan bahwa pernikahan memang bisa membuat berat badan bertambah.

Tapi kenapa ya? Kok bisa?

4 dari 6 halaman

Tidak peduli lagi tentang penampilan

Ilustrasi Pasangan BahagiaIlustrasi Pasangan Bahagia © shutterstock.com/Dragon Images

Survei menunjukkan bahwa orang yang sudah menikah tidak lagi merasa perlu untuk menjaga penampilan terbaiknya. Hal ini karena mereka sudah merasa nyaman dengan pasangannya dan tak lagi merasa perlu menjaga penampilan untuk menarik lawan jenis.

Nah, hal ini akan berpengaruh juga saat pemilihan makanan. Orang yang sudah menikah akan cenderung makan sesukanya, dan kurang peduli dengan jumlah kalori ataupun lemak pada sajian makanan yang dikonsumsi. Hal ini akan meningkatkan risiko bertambahnya berat badan setelah menikah.

5 dari 6 halaman

Tidak Ada Tekanan dari Pasangan

Penelitian yang dilakukan di University of North Carolina menemukan bahwa pasangan yang benar-benar bahagia dengan kehidupan cintanya cenderung mengalami kenaikan berat badan. Memiliki pasangan yang menerima apa adanya membuat seseorang merasa nyaman, tidak sebegitu khawatir dengan penampilan seperti saat masih sendiri.

6 dari 6 halaman

Lebih malas berolahraga

Ilustrasi Pasangan BerolahragaIlustrasi Pasangan Berolahraga © Shutterstock.com

Banyak pasangan yang sudah menikah lebih suka duduk dan menonton televisi bersama. Menonton acara dan film favorit bersama memang bisa semakin membangun kedekatan, namun kebiasaan ini juga bisa membuat kalian menjadi lebih malas berolahraga. Selain itu, saat menonton TV bersama, kemungkinan untuk ngemil secara berlebihan juga akan lebih besar.

Jadi wajar kan, kebiasaan ini membuat kamu dan pasangan jadi lebih mudah gemuk setelah menikah? Gimana menurut kamu Diaznes, apakah kamu juga mengalami hal ini?

Join Diadona.id