Gak Sengaja Makan Semut Bisa Kehilangan Ingatan, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 9 November 2020 17:27
Gak Sengaja Makan Semut Bisa Kehilangan Ingatan, Mitos atau Fakta?
Hayoo, siapa yang nggak bisa tidur gara-gara kepikiran hal ini?

Kita seringkali nggak menyadari apa yang sedang kita makan. Bisa saja makanan itu lagi ada semutnya, dan akhirnya secara nggak sengaja tetap saja kita makan. Makhluk kecil ini soalnya ya susah sekali terlihat kalau memang tidak teliti.

Tapi beberapa waktu lalu, saya mendengar kabar bahwa makan semut, atau semut yang nggak sengaja termakan, bisa menyebabkan masalah serius bagi tubuh, salahnya bisa hilang ingatan. Hmm, emang benar demikian?

 

1 dari 3 halaman

Makanan Dikerumunin Semut © Diadona

Ternyata, dari berbagai sumber yang saya baca, itu tidak benar adanya. Tak sengaja makan semut tidak berbahaya, apalagi sampai menyebabkan kematian. Tapi kalau sampai banyak banget yang kemakan, melansir dari Klikdokter.com, dr. Devia Irine Putri menyebutkan bahwa paling menyebabkan mual atau muntah. Ya, meyebalkan juga sih.

Menjawab pertanyaan mengenai hal tersebut, dr. Danny di Aladokter.com mengatakan bahwa semua yang terbawa dalam makanan ataupun minuman ternyata akan mati dengan sendirinya dengan air liur kita. Apalagi juga sudah berada di dalam lambung. Lambung itu sifatnya asam, jadi juga akan mati dengan sendirinya di dalam lambung. Cukup minum minum air putih saja jika menyadari ada semut yang termakan.

 

2 dari 3 halaman

" Semut yang terbawa dalam makanan akan mati dengan air liur dan dengan proses mengunyah makanan. Selain itu, makanan yang ditelan tersebut akan masuk ke lambung. Didalam lambung keadaan bersifat asam, maka semut juga akan mati didalam lambung. Selama Anda tidak tersedak pada saat makan, maka semut tidak masuk ke dalam saluran pernafasan. Anda tidak perlu melakukan suatu tindakan khusus. Anda cukup minum air putih saja setelah makan makanan yang mengandung semut tersebut"

Tapi jika sampai tersedak, menurut dr. Uswatun Hasanah di Aladokter.com, itu berarti semut masuk ke saluran pernafasan. Kalau sudah begini, itu berati harus ada tindakan khusus. Jadi, segera periksa ke dokter.

" Jika anda mengalami tersedak ada kemungkinan semut masuk ke saluran pernafasan dan harus memiliki tindakan khusus. Jika anda mengalami keluhan atau gejala lain seperti di atas sebaiknya anda memeriksakan diri pada dokter. Agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung pada anda dan penanganan yang tepat."

 

3 dari 3 halaman

Pokoknya sejauh ini, semut yang termakan itu nggak menimbulkan masalah serius, apalagi sampai hilang ingatan. Tapi tetap saja, jika makanan atau minuman sampai disemutin, itu berarti tanda kebersihannya sudah berkurang, jadi sebaiknya ya dibuang saja.

Beri Komentar