Gejala Covid Varian Delta Nggak Selalu Kehilangan Indra Perasa dan Penciuman, Yuk Cari Tahu!

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 16 Juli 2021 13:03
Gejala Covid Varian Delta Nggak Selalu Kehilangan Indra Perasa dan Penciuman, Yuk Cari Tahu!
Tetap jalankan protokol kesehatan, pakai masker, dan juga cuci tangan dengan sabun ya.

Gejala covid varian Delta yang pertama kali muncul di Indian kini dikabarkan telah menjangkiti beberapa pasien yang ada di Indonesia. tentu saja hal ini sangat harus diwasapadai mengingat varial Delta ini berbeda dengan varian Alpha yang pertamakali muncul di China tahun lalu.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) mengatakan jika varian Delta (B.1.617.2) ini memiliki tingkat penularan yang cepat dari pada varian sebelumnya. Sehingga hal ini menyebabkan penyakit yang lebih parah, mengurangi netralisasi oleh antibodi secara signifikan, dan mengurangi efektivitas pengobatan yang dilakukan.

1 dari 4 halaman

Gejala Covid Varian Delta

Lalu seperti apa gejala covid varian Delta ini? Yuk kita simak bareng-bareng.

Melansir dari ZOE COVID Symptom Study, kasus yang dilihat dari pasien varian Delta yang ada di Inggris memiliki gejala umum seperti sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, batuk berat, dan demam. Sedangkan gejala seperti hilangnya penciuman serta sesak napas tidak begitu banyak.

Gejala Covid Varian Delta © Diadona

Nah, berikut beberapa ciri atau gelaja varian Delta, melansir laman Healthline:

1. Demam
Demam biasa terjadi sebab tingkat virus dalam tubuh meningkat lebih tinggi dari sebelumnya dan pada beberap orang menjadi lebih parah dalam 3 atau 4 hari.

2. Sakit kepala
Pada orang yang terinfeksi virus corona varian Delta, lebih mungkin merasakan sakit kepala.

3. Sakit tenggorokan
Sejumlah pasien virus corona varian Delta juga melaporkan mengalami gejala sakit tenggorokan.

2 dari 4 halaman

4. Pilek

5. Batuk Menerus

6. Sesak nafas

7. Kehilangan indera perasa atau penciuman

Selain itu, beberapa sumber juga menyebutkan jika gejala lain yang ditimbulkan oleh covid varian Delta ini adalah sakit perut, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan nyeri sendi. Beberapa pasien yang terinfeksi varian Delta juga melaporkan mengalami gangguan pendengaran dan pembekuan darah kecil yang parah sehingga menyebabkan jaringan mati atau gangrene.

3 dari 4 halaman

Lakukan Pencegahan Dini

Gejala Covid Varian Delta © Diadona

Meskipun sudah bermutasi menjadi beberapa varian, bagaiamanapun penyebaran covid-19 masih bisa dicegah kok. Caranya ya dengan melakukan protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini bisa kita mulai dari diri kita sendiri loh.

1. Memakai Masker
Tidak bisa dipungkiri lagi jika memakai masker adalah hal yang sangat wajib dilakukan. Juga, melihat kondisi yang tidak kunjung membaik, memakai masker dobel yang terdiri dari lapisan pertama adalah masker medis disusul masker kain juga sangat direkomendasikan.

2. Menghindari Kerumunan
Penyebaran yang sangat cepat memaksa kita untuk tidak melakukan kegiatan berkerumun. Hal ini bisa lakukan dengan tidak pergi ke tempat yang berpotensi membuat kerumunan.

3. Menjaga Jarak
Jika kita harus terpaksa keluar rumah karena suatu hal. Jangan lupa untu kmenjaga jarak minimal dua meter dengan orang. Juga jangan lupa untuk tetap gunakan masker.

4. Mencuci Tangan
Sesederhana dengan mencuci yang dengan sabun dena air yang mengalir kita bisa ikut andil mencegah penyebaran pandemi ini.

5. Di Rumah Saja
Jika memang tidak ada hal yang mengharuskan kita untuk keluar, berdiam diri di rumah adalah hal yang sangat tepat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus ini.

Beri Komentar