Gejala Kanker Kulit pada Wajah, Lengan dan di Awal Penyakit, Kenali untuk Deteksi Dini!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 26 Mei 2020 16:00
Gejala Kanker Kulit pada Wajah, Lengan dan di Awal Penyakit, Kenali untuk Deteksi Dini!
Gejala kanker kulit bisa terlihat oleh penderita sepanjang perkembangannya. Maka, bisa banget untuk mendeteksinya lebih dini.

Gejala kanker kulit yang terdeteksi secara dini akan memberikan peluang pengobatan yang sukses. Misalnya, dengan segera memeriksakan tanda keanehan yang muncul pada kulit.

Kanker kulit sendiri merupakan pertumbuhan abnormal sel-sel kulit, yang sering muncul pada area yang terkena sinar matahari. Tapi, ada juga lho yang muncul pada area yang kena kena sinar matahari.

Berdasarkan jenisnya, terdapat tiga kanker kulit, yaitu karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma.

Untuk pencegahan terbaik munculnya penyakit dan gejala kanker kulit yaitu dengan membatasi atau menghindari paparan radiasi UV. Atau, bisa juga nih dengan rajin menggunakan baju yang tertutup.

1 dari 3 halaman

Gejala Kanker Kulit Wajah

Gejala Kanker Kulit © Diadona

Gejala kanker kulit umumnya muncul pada area yang terkena sinar matahari. Misalnya nih, pada wajah, kulit kepala, dada, lengan, tangan, atau pada kaki. Tapi ada pula yang tumbuh pada area yang nggak terkena sinar matahari.

Berikut gejala kanker kulit berdasarkan jenisnya:

Gejala Kanker Wajah Karsinoma Sel Basal

Kanker kulit ini biasanya terjadi pada area tubuh yang terkena sinar matahari. Contohnya, leher, atau wajah.

Gejalanya bisa berupa;

  • Benjolan yang lunak, mengkilat seperti mutiara atau lilin yang muncul pada kulit
  • Lesi yang rata, berwarna seperti daging atau coklat layaknya bekas luka
  • Luka pendarahan atau keropeng

Gejala Kanker Wajah Karsinoma Sel Skuamosa

Umumnya, karsinoma sel skuamosa ini terjadi pada area tubuh yang terkena sinar matahari, seperti wajah, telinga maupun lengan. Namun pada orang berkulit gelap, gejala kanker kulit ini seringnya muncul pada area yang nggak sering kena sinar matahari

Gejalanya bisa berupa:

  • Pertumbuhan jaringan yang nggak normal berwarna merah tegas
  • Lesi datar dengan permukaan yang bersisik dan berkerak

Gejala Kanker Kulit Melanoma

Kanker kulit ini bisa muncul adi mana aja di seluurh tubuh, di kulit yang normal ataupu pada tahi lalat yang kemudian tumbuh menjadi kanker. Melanoma diketahui juga paling sering muncul di wajah.

Namun pada wanita, kebanyakan melanoma bakalan muncul di kaki bagian bawah, dan cenderung pada kulit yang nggak terkena sinar matahari.

pada kanker kulit melanoma, gejalanya diantaranya:

  • Bintik coklat besar dengan bintik-bintik lebih gelap
  • Tahi lalat yang berubah warna, ukuran atau rasa atau yang berdarah
  • Lesi kecil dengan batas yang nggak beraturan dan bagian yang nampak berwarna merah, merah muda, putih, biru atau biru-hitam
  • Lesi yang sakit, gatal, atau seperti terbakar
  • Lesi gelap yang ada di telapak tangan, telapak kaki, ujung jari tangan atau kaki, atau pada lendir yang melapisi mulut, hidung, vagina atau bahkan anus

2 dari 3 halaman

Gejala Awal Kanker Kulit

Gejala Kanker Kulit © Diadona

Gejala awal pada kanker kulit ini sebenarnya bisa dideteksi dengan terus melihat perubahan pada kulit seseorang. Contoh utamanya, saat ada perubahan kulit yang nggak biasa, atau sakit yang nggak kunjung hilang.

Gejala kanker kulit pada awalnya mungkin muncul sebagai bercak yang nggak teratur di permukaan kulit. Dan saaat kanker mulai tunbuh, ukuran dan bentuk massa kulit dapat berubah dan kanker bisa aja bertumbuh jadi lapisan yang lebih dalam.

Gejala Kanker Kulit © Diadona

Lalu, bisa nggak sih kanker ini dicegah? Sebagian besar sih bisa. Untuk melindungi dir, ikuti tips berikut:

Hindari Sinar Matahari di Siang Hari

Sebisa mungkin hindari kegiatan di luar ruangan saat matahari sedang terik, misalnya nih di jam 10 pagi sampai 4 sore. Karena tahu ngak sih, paparan sinar matahari yang terakumulasi dari waktu ke waktu bisa menjadi penyebab kanker kulit.

Gunakan Tabir Surya

Memang sih tabir surya nggak akan bisa menyaring semua radiasi sinar UV yang berbahaya, terutama radiasi yang dapat menyebabkan melanoma. Tapi tabir surya ini memainkan peran utama dalam program perlindungan matahari secara keseluruhan.

Usahakan untuk mengoleskan tabir surya minimal SPF 30, lalu aplikasikan lagi tiap dua jam.

3 dari 3 halaman

Gejala Kanker Kulit pada Tangan

Gejala Kanker Kulit © Diadona

Gejala kanker kulit yang muncul biasanya berdasarkan pada jenis kankernya, bukan pada lokasinya. Maka, yang terpenting adalah dengan memperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada kulit.

Tapi karena nggak semua perubahan merupakan kanker kulit, maka yang paling utama yaitu dengan memeriksakan langsung ke dokter ya.

Gejala kanker kulit seharusnya bisa tertangani sejak ini, asalkan penderita selalu aware dengan kulitnya dan nggak mengacuhkan perawatan sekecil apapun.

Beri Komentar