Gejala yang Banyak Dialami Lansia Setelah Divaksin Covid-19

Health | Rabu, 24 Maret 2021 08:25

Reporter : Mutia Wella Lukitasari

Begini fakta kesehatan mengenai vaksinasi pada lansia..

Lansia menjadi salah satu kelompok yang penting untuk dilakukan vaksinasi. Hingga kini belum ada laporan mengenai gejala yang timbul akibat penyuntikan vaksin Covid-19 pada lansia.

Namun terdapat gejala ringan yang dilaporkan muncul. Dilansir dari health.detik.com, juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, efek yang paling banyak dirasakan setelah vaksinasi adalah mengantuk dan lapar. Beberapa lansia lainnya mengalami kemerahan dan gatal-gatal di area bekas penyuntikan.

Sedangkan gejala yang dirasakan seluruh tubuh bisa berupa mual, muntah, atau demam. Namun, kasus tersebut sedikit terjadi.

Gejala yang Banyak Dialami Lansia Setelah Divaksin Covid-19
2 dari 3 halaman

Pasien virus coronaPasien virus corona © alarabiya.net

"5,7 Juta orang (dosis 1), 2,5 juta sudah mendapat suntikan kedua. Dari kurang lebih 7 juta yang pernah mendapat suntikan, itu laporan efek sampingnya tidak ada yang serius, yang berat," ujarnya dalam talkshow serba-serbi vaksinasi COVID-19 untuk lansia, Selasa (23/3/2021).


Ia menyebutkan jika selama proses vaksinasi pada lansia berlangsung, belum ditemukan efek samping berat. Yang muncul hanyalah efek samping ringan.


Begitu pun dengan kabar mengenai lansia yang kabarnya pingsan setelah disuntik vaksin, dr Nadia menyebut, hal tersebut disebabkan kecemasan, bukan karena prosedur atau kandungan vaksin.

3 dari 3 halaman

Mengenal Mutasi Virus Corona B117 yang Berasal dari Inggris dan Mulai Masuk ke IndonesiaMengenal Mutasi Virus Corona B117 yang Berasal dari Inggris dan Mulai Masuk ke Indonesia © © MEN

"Pada saat divaksin jadi lemas, akhirnya pucat sampai pingsan. Cukup dengan terapi minum teh manis, itu rata-rata semua sudah normal kembali," lanjutnya.


Meski kini telah dilakukan tahap vaksinasi pada lansia, namun diakui dr Nadia jika hal ini belum dapat dilakukan secara merata di Indonesia.

"Pada dasarnya semua lansia akan mendapatkan vaksinasi, harap bersabar. Mungkin nanti ada tahap berikutnya untuk mengikuti program vaksinasi ini. Pemerintah sudah menjamin semua lansia mendapatkan vaksin," ujar dr Nadia.

Proses ini kini tengah dilakukan secara bertahap. Tak ada yang melaporkan gejala berat pasca divaksin, jadi para lansia tak perlu ragu lagi ya untuk melakukan vaksinasi jika gilirannya telah tiba.

Join Diadona.id