Gigi Ompong Sering Serang Lansia, Tapi Bisa Dicegah Gak Ya?

Health | Rabu, 12 Agustus 2020 15:27
Gigi Ompong Sering Serang Lansia, Tapi Bisa Dicegah Gak Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Kan mau tetap tampil oke walau udah tua..

Seperti yang kita tahu bahwa umunya ketika orang sudah mencapai usia senja, giginya akan menjadi ompong. Tentu saja ini bukan keinginan setiap orang, tapi rata-rata begitulah yang terjadi. Tapi pertanyaanya, bisa nggak ya gigi nggak ompong di usia senja?

2 dari 4 halaman

Selain Gigi Ompong

Sebelum mendapatkan jawabannya, alangkah baiknya kita mengetahui masalah kesehatan mulut dan gigi apa saja yang juga bisa menyerang lansia.

Ternyat melansir dari Hellosehat.com, masalah kesehatan mulut dan gigi lainnya adalah tingginya risiko sariawan, gigi sensitif, karang gigi, akar gigi, bahkan smapai kanker rongga mulut.

Karena produksi air liur saat usia senja juga akan berkurang, bau mulut dan gigi berlubang besar banget kemungkinannya terjadi.

3 dari 4 halaman

Pencegahan Gigi Ompong

Ternyata, gigi ompong bisa dicegah lho guys di usia senja nanti. Ada beberapa tips nih buat kamu yang perlu kamu lakukan, jadikan prinsip kalo perlu!

1. Wajib banget sikat gigi 2 kali sehari. Pagi dan malam sebelum tidur.

2. Setiap 6 bulan sekali, periksalah ke dokter gigi.

3. Tangani dengan segera jika ada masalah gigi dan gusi sampai benar-benar sembuh.

4. Jangan abaikan kesehatan lainnya. Rutinlah periksa alias checkup. Masalah gigi bisa disebabkan oleh faktor lain. Misalnya saja diabetes atau hipertensi.

5. Hindari kebiasaan buruk dan kehidupan tak sehat, terutama yang dapat merusak gigi.

Join Diadona.id