Habis Mandi Langsung Tidur saat Rambut Masih Basah, Bagus Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 2 November 2021 14:27
Habis Mandi Langsung Tidur saat Rambut Masih Basah, Bagus Gak Sih?
Saking capeknya mungkin, pasti banyak nih yang abis mandi langsung tidur saat rambutnya masih basah.

Pasti banyak di antara kalian yang bekerja beraktivitas seharian hingga malam hari langsung mandi. Karena saking capeknya, habis mandi banyak nih yang langsung tidur. Padahal, kondisinya saat itu rambut masih basah. Namun, apakah bagus habis mandi langsung tidur dengan keadaan rambut basah?

Melansir dari berbagai sumber, kebiasaan ini tidak bagus lho!

 

1 dari 7 halaman

Rambut Rusak

Ilustrasi Rambut Rontok © Diadona

Jika sering tidur dalam keadaan rambut basah, siap-siap nih rambut bisa jadi rusak. Sebab tidur dalam keadaan rambut basah bisa membuat rambut lembab semalamam, yang mengakibatkan pori-pori kulit kepala dan helai rambut melemah. Karena hal tersebut, rambut pun jadi rontok dan rusak.

 

2 dari 7 halaman

Sakit Kepala

Ilustrasi Sakit Kepala © Diadona

Hal kedua akibat tidur dalam keadaan rambut rontok adalah kepala bisa jadi sakit. Hal tersebut bisa terjadi karena kepala jadi punya suhu yang dingin, tidak bisa menyesuaikan dengan suhu tubuh yang masih hangat setelah seharian beraktivitas. Apalagi kalau rambut masih terbungkus handuk, nih. Kepala sampai bisa terasa nyut-nyutan.

 

3 dari 7 halaman

Flu

Ilustrasi Flu © Diadona

Tidur dalam keadaan rambut basah, apalagi dengan ruangan kamar yang dingin, bisa membuat tubuh gampang terkena flu. Saat dingin, sistem pembuluh darah bakal terbatas di hidung dan tenggorokan. Sel darah putih pun jadi lebih lambat melawan infeksi tubuh, yang berakibat kekebalan tubuh menurun sehingga jadi lebih mudah terserang flu.

 

4 dari 7 halaman

Infeksi Kulit Kepala

Selanjutnya, tidur dengan rambut basah bisa bikin kulit kepala terinfeksi, sebab bakteri jadi mudah berkembang biak di bantal apalagi dalam keadaan basah. Tak hanya itu, kejadian ini bahkan bisa menimbulkan infeksi jamur di kulit kepala dan sekitarnya.

 

5 dari 7 halaman

Jerawat

Ilustrasi Wanita Jerawatan © Diadona

Saat tidur dengan rambut basah, bantal menjadi lembab, sehingga bakteri jadi lebiih mudah berkembang biak. Sementara wajah seringkali menempel pada bantal tersebut, sehingga bisa menjadi pemicu tumbuhnya jerawat.

 

6 dari 7 halaman

Ketombean

Ilustrasi Ketombean © Diadona

Tidur dalam keadaan rambut basah berarti rambut akan mengering dengan sendirinya semalaman di tengah tidur. Jika demikian, kulit kepala pun bisa jadi gatal dan tidak sehat, bahkan jadi bikin gampang ketombean.

 

Beri Komentar