Habis Mandi Malah Langsung Gerah, Kenapa Sih?

Health | Senin, 6 Desember 2021 16:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Bukannya segar, sering banget nih habis mandi malah gerah...

Setelah beraktivitas seharian penuh, tentu mandi menjadi pilihan yang tepat. Harapannya ya agar tubuh jadi segar dan terbebas dari keringat serta bakteri. Namun meski demikian, ada kalanya setelah mandi bukannya segar, malah langsung gerah gitu. Kalian pasti pernah mengalami hal demikian, bukan?

Kira-kira kenapa ya hal tersebut bisa terjadi? Ternyata melansir dari Klikdokter.com, ini nih alasannya!

 

Habis Mandi Malah Langsung Gerah, Kenapa Sih?
2 dari 6 halaman

Terlalu Keras Gesekan Handuk

ilustrasi handuk di kamar mandiilustrasi handuk di kamar mandi © bedbathntable.com

Untuk mengeringkan badan, biasanya kita menyeka tubuh dengan handuk. Namun, seringkali kita menyekanya terlalu keras. Jika setelah melakukan hal tersebut kamu berkeringat alias gerah, bisa jadi itu salah alasannya. Gesekan handuk pada tubuh yang terlalu keras bisa menyebabkan panas sehingga keringat bisa keluar.

 

3 dari 6 halaman

Suhu Air

Ilustrasi Wanita MandiIlustrasi Wanita Mandi © Shutterstock

Apakah kamu menggunakan air dengan suhu yang cukup panas? Jika demikian, maka kemungkinan besar tubuh pun kembali gerah setelah mandi. Auap dari air panas bergabung dengan suhu tubuh yang hangat, sehingga kelembabab dan suhu kamar mandi meningkat. Akhirnya, suhu tubuh pun meningkat bisa menjadi gerah dan mengeluarkan keringat.

 

4 dari 6 halaman

Demam atau Baru Saja Olahraga

Ilustrasi Wanita Olahraga Minum EsIlustrasi Wanita Olahraga Minum Es © Shutterstock

Kalau kamu langsung mandi setelah baru saja berolahraga, memang kemungkinan besar kamu akan berkeringat, sebab hal tersebut menyebabkan peningkatan suhu tubuh basal. Begitu juga apabila kamu mandi saat sedang demam.

 

5 dari 6 halaman

Untuk menghindari kondisi gerah setelah baru saja mandi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Jangan langsung mandi setelah olahraga, tunggu 20-30 menit. Jika diharuskan mandi air panas, basuh tubuh dengan air dingin sebelum mengakhiri mandi.

Jangan menggosok tubuh dengan handuk, tubuh ditepuk-tepuk saja. Setelah mandi jangan berlama-lama, langsung keluar. Jika setelah itu masih gerah, usapkan wajah atau kepala dengan handuk yang sudah dibasahkan dengan air dingin.

 

Join Diadona.id