Habis Panas-Panasan Langsung Mandi, Bagus Gak Sih?

Health | Selasa, 18 Januari 2022 07:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Enaknya sih habis panas-panasan langsung diguyur air. Namun bagus gak ya~

Cauca memang berganti-ganti. Meskipun cuaca panas, maka aktivitas harus tetap dijalani. Ketika beraktivitas di cuaca panas di luar, rasanya pasti melelahkan dan mengeluarkan banyak keringat. Tak sedikit bahkan orang yang setelah berpanas-panas pengin langsung mandi saja saking gerahnya biar segar.

Namun, apakah hal tersebut bagus untuk dilakukan?

Habis Panas-Panasan Langsung Mandi, Bagus Gak Sih?
2 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Panas-PanasanIlustrasi Wanita Panas-Panasan © Shutterstock

Melansir dari Kompas.com, banyaknya keringat saat panas-panasan apalagi di cuaca panas adalah karena reaksi tubuh yang ikut panas. Dr Ari Farial Syam, SpPD, dokter spesialis penyakit dalam dari Universitas Indonesia (UI) menjelaskan mengenai hal tersebut.

"Jadi, suhu tubuh kita itu 37 derajat celcius. Nah kalau kita berkeringat, berarti itu merupakan reaksi suhu tubuh kita panas. Misalnya di lingkungan panas atau suatu aktivitas olahraga," ucap Ari.

 

3 dari 5 halaman

Ternyata habis panas-panasan langusng mandi itu kurang bagus. Sebab bisa-bisa nanti bisa menggil. Hal tersebut merupakan efek yang kemungkinan ditimbulkan setelah menyiram tubuh yang masih panas dengan air yang rata-rata bersuhu 30 derajat. Normalkan suhu tubuh dulu, baru mandidi memang sebaiknya kita normalkan dulu suhu tubuh, baru mandi.".

"Intinya adalah semua air rata-rata bersuhu 30 derajat. Makanya di saat posisi tubuh berkeringat dan langsung kena suhu dingin (air untuk mandi) sudah pasti ada reaksi, misalnya menggigil."

 

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita MandiIlustrasi Wanita Mandi © Shutterstock

Stacy Sims, PhD, seorang pakar fisilogi olahraga di SanFransisco, sangat tidak menyarankan untuk tidak langsung mandi saat tubuh berkeringat. Sebab katanya hal tersebut bisa mempersempit pemnuluh darah dan menimbulkan suhu tubuh yang terus naik.

Tak hanya manggigil dan pembuluh darah yang sempit, Ari juga menjelaskan bahwa hal tersebut bisa menimbulkan rekasi lain dan alergi. Bisa bentol-bentol, bahkan bersin-bersin.

"Perbedaan suhu itu akan berpengaruh pada seseorang, tiap orang berbeda-beda reaksinya. Ada yang muncul alergi, seperti bentol-bentol atau bersin-bersin," ucap Ari.

 

Join Diadona.id