Hari Kanker Sedunia, Ketahui Gejala 5 Kanker yang Paling Banyak Menyerang Wanita

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 4 Februari 2020 15:17
Hari Kanker Sedunia, Ketahui Gejala 5 Kanker yang Paling Banyak Menyerang Wanita
Yang perlu dilakukan adalah waspadai tanda-tandanya.

Setiap tanggal 4 Februai sejak tahun 2000, selalu di peringati dengan hari kanker sedunia. Hal ini dilakukan untuk terus mendukung dan mengingatkan kita semua mengenai kanker.

Pada tahun 2018, diperkirakan ada 18 juta kasus kanker di seluruh dunia. Sebanyak 9,5 Juta diantaranya adalah laki-laki dan 8,5 juta lainnya adalah wanita.

Pada wanita, terdapat beberapa kanker yang paling banyak menyerang. Kanker payudara adalah kanker paling umum pada wanita di seluruh dunia, berkontribusi 25,4% dari total kasus baru yang didiagnosis pada tahun 2018.

Setelah kanker payudara, terdapat kanker kolorektal, dan kanker paru-paru yang mana keduanya menyumbang 43,9% dari semua kanker.

 

1 dari 6 halaman

Kanker paling umum keempat terdapat Kanker serviks, berkontribusi 6,9% dari jumlah total kasus baru yang didiagnosis pada tahun 2018.

Angka ini tentu bukanlah angka yang sedikit. Karena itu cara yang paling efektif untuk menghadapinya adalah melakukan pencegahan timbulnya kanker. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah gejala-gejala kanker yang perlu kamu ketahui.

2 dari 6 halaman

1. Payudara

Ilustrasi Kanker Payudara © Diadona


Lakukan massage pada bagian payudara. Kamu perlu rutin melakukan mengecekan pada payudara ini. Karena jika terdapat benjolan di payudara, maka itu bisa menjadi pertanda.

Meskipun tidak semua benjolan berarti kanker. Namun kamu dapat segera memriksakannya pada dokter, untuk mencegah adanya kemungkinan kanker. Terlebih jika benjolan diikutin dengan tanda-tanda lainnya seperti payudara mengerut, puting masuk ke dalam atau puting mengeluarkan cairan kemerahan.

3 dari 6 halaman

2. Pendarahan Diluar Menstruasi

ilustrasi wanita sedih © Diadona


Pendarahan yang terjadi diluar siklus menstruasi tentu merupakan suatu pertanda ada bagian yang kurang baik pada Miss V. Meski tidak selalu pertanda kanker, namun kamu perlu segera memeriksakannya.

4 dari 6 halaman

3. Perubahan Kulit

Ilustrasi Wanita Terlihat Tua © Diadona


Jika merasa kulit mengalami perubahan seperti muncul bercak hitam, kulit yang bersisik, ada benjolan di beberapa permukaan kulit, tahi lalat yang tumbuh membesar dan berwarna hingga muncul luka-luka kecil di tangan. Ini merupakan tanda-tanda umum dari kanker kulit dan kamu perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

5 dari 6 halaman

4. Darah di air seni atau feses

ilustrasi wanita menutup muka © Diadona


Jika kamu menemukan darah pada air seni ataupun fesesmu selama beberapa kali, kamu perlu segera melakukan pemeriksaan. Karena munculnya darah pada air mani atau kotoran dapat menjadi gejala kanker kandung kemih atau wasir.

6 dari 6 halaman

5. Penurunan Berat Badan

ilustrasi wanita diet © Diadona


Tidak berlaku jika kamu sedang diet. Namun penurunan berat badan ini jika diikuti dengan gejala lainnya maka hal ini dapat menjadi salah satu gejala adanya kanker pankreas.

Nah itu dia hal-hal yang perlu kita sebagai wanita waspadai terhadap kanker. Tak hanya pada dirimu, jika kamu melihat perubahan-perubahan ini pada orang lain, kamu perlu mengingatkannya. Karena tingkat penderita kanker dapat kita kurangi jika kita saling peduli satu sama lain.

Beri Komentar