Hati-Hati, Polusi Udara Bisa Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh Lho!

Health | Selasa, 21 September 2021 15:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Wah, polusi udara padahal yang sering kita temukan dalam keseharian.

Sekarang ini, polusi udara emang udah terbilang parah. Di siang hari, kita bisa lihat sendiri langit seperti dikelilingi kabut. Padahal, itu adalah polusi udara. Terutama kalian yang tinggal di Jakarta, nih. Bahkan, Jakarta pernah menduduki peringkat pertama dengan polusi udara terbanyak di dunia.

 

Hati-Hati, Polusi Udara Bisa Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh Lho!
2 dari 6 halaman

Ilustrasi Wanita Pakai MaskerIlustrasi Wanita Pakai Masker © Shutterstock

Kita semua tahu memang polusi udara itu erat kaitannya dengan masalah kesehatan tubuh. Ternyata, melansir dari Hellosehat.com, polusi udara juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh nih. Kalau sudah begini, tubuh jadi gampang terkena penyakit.

Hal ini dikarenakan particulate matter (PM) atau partikel padat/cair yang ada pada udara. Hal tersebut bisa memengaruhi sel-sel imun. Apalagi ukurannya tidak kasat mata, jadi sulit untuk menghidarinya. Nah, PM ini bahkan bisa masuk ke sistem pernapasan dan pembuluh darah.

 

3 dari 6 halaman

PM sendiri bisa ditemukan dengan mudah dari lingkungan sedikit. Kalian bisa menemukannya pada asap knalpot, bahkan rokok. Selain bisa menurunkan daya tahan tubuh, PM juga membuat kerja infeksi virus tertentu meningkat.

Polusi udara juga punya racun terhadap daya tahan tubuh, yaitu stres oksidatif. Hal ini disebabkan terganggunya kerja antioksidan karena bertahan untuk mencegah infeksi penyakit, karena radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh tidak seimbang.

 

4 dari 6 halaman

Ilustrasi Wanita Pakai MaskerIlustrasi Wanita Pakai Masker © Shutterstock

Menghindari polusi udara nampaknya hampir tidak mungkin jika memang hidup di kota besar seperti Jakarta. Namun bisa menghadapinya dengan makan makanan bergizi. Nutrisi seperti halnya vitamin dan mineral bagus banget untuk melawan kuman penyakit dan pencegahan atas infeksi.

Selain itu, vitamin dan suplemen juga penting terutama yang mengandung vitamin C, zink, dan vitamin D. Sebab ada penelitian yang mengatakan orang yang tinggal di kota besar banyak polusi cenderung mengalami defisiensi vitamin D dan penurunan daya tahan tubuh.

 

5 dari 6 halaman

Kabarnya, dari WHO, 2,2 juta jiwa dari 7 juta di Asia Pasifik mengalami kematian dini karena polusu udara di setiap tahunnya. Maka penting untuk kita bagiamana menghadapi polusi udara yang ada dalam keseharian kita.

Semoga bermanfaat, ya!

Join Diadona.id