Hujan-hujanan Bisa Bikin Sakit, Benar Gak Sih?

Health | Minggu, 12 September 2021 08:28

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

"Jangan hujan-hujanan, nanti sakit!" begitu ucap kebanyakan orangtua kepada anaknya.

Ketika hujan turun, rasanya suasana menjadi nyaman sekali. Bersantai adalah kegiatan yang sangat diidam-idamkan saat hujan, mungkin sambil menonton film serial favorit dengan beberapa snack yang disukai.

Namun, tak sedikit dari kita yang malah ingin hujan-hujanan, nih. Kalau pun tak mau, pasti banyak di antara kita yang memang harus hujan-hujannya karena suatu kondisi tertentu, bukan?

Terkait dengan hujan-hujanan, banyak orang-orang dulu sampai sekarang melarang sebagian besar dari kita untuk tidak hujan-hujanan, sebab katanya nanti bisa bikin sakit. Namun benar nggak sih kabar ini?

 

Hujan-hujanan Bisa Bikin Sakit, Benar Gak Sih?
2 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Hujan-HujananIlustrasi Wanita Hujan-Hujanan © Shutterstock

Sebenarnya, bukan air hujan yang bisa menyebabkan tubuh menjadi sakit. Namun suhu tubuh tersebut. Jika tubuh kedinginan, maka, selanjutnya tubuh akan mengeluarkan energi berlebihan. Kalau daya tubuh kuat, tubuh bisa menyimbanginya, sih.

Yang menjadi masalah adalah ketika daya tubuh lemah, maka tubuh pun nggak bisa mengimbanginya. Suhu tubuh mengalami perubahan drastis. Daya tubuh pun semakin menurun, dan kesehatan terganggu. Akibatnya, berbagai penyakit bisa muncul seperti batuk, flu, demam, gatal-gatal, bahkan sampai diare.

 

3 dari 5 halaman

Selain itu, jika kamu habis hujan-hujanan lalu berada rendan beberapa apalagi banyak orang, bisa jadi itu juga penyebabnya. Sebab virus flu biasanya berkebang lebih pesat saat cuaca dingin dalam satu ruangan dengan banyak orang. Jika kamu dan orang-orang saling berdekatan maka virus pun juga cepat menular

Agar tidak sakit setelah hujan-hujan sebisa mungkin untuk menghindari air kotor seperti selokan tersumbar atau air genangan dengan menggunakan jas hujan dari kepala sampai kaki, kalau bisa pakai sepatu boots. Jika sudah sampai di rumah, bersihkan diri dan pakai baju hangat.

 

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Hujan-HujananIlustrasi Wanita Hujan-Hujanan © Shutterstock

Selain itu, kamu juga perlu sering mencuci tangan dengan air hangat dan sabun. Pastikan juga kamu makan makanan yang bergizi, dan tenu saja bersih. Jika keluar setelah hujan-hujanan atau sedang musim hujan, pakai masker agar meminimalisir tidak terluar virus.

Jadi begitu. Hujan-hujanan tidak langsung memnyebabkan sakit, namun kondisi terkait dengan hujan inilah yang bisa seseorang menjadi sakit. Semoga bermanfaat, ya!

Join Diadona.id