Ibu Ini Mengaku Tak Tidur Selama 40 Tahun, Begini Penjelasan Medisnya

Reporter : Hevy Zil Umami
Minggu, 5 September 2021 16:12
Ibu Ini Mengaku Tak Tidur Selama 40 Tahun, Begini Penjelasan Medisnya
Kok bisa ya?

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar. Pasalnya, setiap orang tidak akan bisa tetap terjaga selama 24 jam non stop tanpa merasa mengantuk.

Namun, media China baru-baru ini mengungkapkan kepada publik bahwa ada kasus yang menarik. Pasalnya, ada seorang wanita yang mengaku tidak pernah tidur selama empat dekade atau 40 tahun. Tak hanya itu, wanita tersebut juga mengaku tidak pernah merasa lelah, apalagi mengantuk.

1 dari 5 halaman

Perempuan China yang Tak Tidur Selama 40 Tahun © Diadona

Klaim wanita yang dikenal dengan nama Li Zhanying ini langsung mencuri perhatian banyak netizen. Pasalnya bukan hanya Li Zhanying yang memberikan pengakuan, namun suaminya dan beberapa tetangga juga memberikan konfirmasi serupa.

Dilansir dari odditycentral, Minggu (5/9/2021) beberapa tetangganya melakukan tes untuk memastikan hal tersebut. Li juga mengaku baru ingat bisa tidur saat berusia lima atau enam tahun.

2 dari 5 halaman

Berpikir Itu Insomnia

Perempuan China yang Tak Tidur Selama 40 Tahun © Diadona

Li Zhanying adalah penduduk Desa Zhongmou, Provinsi Henan. Dia terkenal di desanya karena kemampuannya untuk tidak tidur sepanjang hari dan malam. Bahkan, karena kemampuannya, beberapa tetangga mencoba menguji klaimnya dengan bermain kartu di malam hari. Namun, alih-alih bisa membuktikan bahwa tetangga Li memilih pulang karena mengantuk atau langsung tertidur saat itu juga.

Suami Li yang membenarkan hal tersebut juga mengungkapkan bahwa setelah menikah ia selalu memperhatikan istrinya yang terjaga siang malam. Bahkan, menurut dia, istrinya kerap melakukan pekerjaan rumah di malam hari. Khawatir Li menderita insomnia parah, suaminya, Liu Suoquin, mencoba membelikannya obat tidur. Namun itu tidak berhasil.

3 dari 5 halaman

Cari Perawatan Medis

Perempuan China yang Tak Tidur Selama 40 Tahun © Diadona

Karena khawatir kondisinya akan memburuk, Li dan suaminya memilih mencari bantuan medis. Namun, beberapa kali pemeriksaan dokter tidak menemukan hal yang mencurigakan.

Pasangan itu memilih untuk mengunjungi sebuah pusat medis di Beijing untuk mencari tahu misteri puluhan tahun tidak tidur. Tim dokter memilih untuk melakukan pemeriksaan menggunakan sensor canggih dan memantau Li selama 48 jam.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Insomnia © Diadona

Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter tersebut justru membuat banyak orang cukup terkejut. Pasalnya, dokter menyimpulkan bahwa Li sebenarnya sedang tidur, namun tidak seperti kebanyakan orang.

Dari data yang diperoleh selama pemantauan gelombang otak, Li memang ditemukan memiliki tidur ringan dan sedang seperti orang biasa. Bahkan, dia tertidur saat berbicara dengan suaminya. Tim dokter juga menyebutnya tidur saat terjaga. Kondisi ini mirip dengan orang yang berjalan sambil tidur, di mana beberapa saraf dan organ Li masih aktif saat ia tertidur.

5 dari 5 halaman

Tertipu oleh Otak Sendiri

Ilustrasi Insomnia © Diadona

Tim dokter juga mengatakan bahwa Li telah ditipu oleh otaknya sendiri. Pasalnya, saat ia beristirahat sebagian tubuhnya sudah memasuki dormansi, namun ia tidak perlu memejamkan mata untuk melakukannya. Bahkan, ketika berbicara dengan suaminya, Li Zhanying terkadang memiliki gerakan mata yang lambat dan cenderung cekung. Ini juga menunjukkan jika dia tertidur pada saat itu.

Karena caranya yang tidak biasa, Li juga selalu percaya bahwa dia tidak tidur selama 40 tahun. Dia bahkan tidak bisa menghabiskan lebih dari 10 menit tidur dengan mata tertutup.

Beri Komentar