Ingin BAB Lancar? Cukupi Kebutuhan Serat dengan Buah ini

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 18 Januari 2020 12:00
Ingin BAB Lancar? Cukupi Kebutuhan Serat dengan Buah ini
Makanan yang kita konsumsi tentu mempengaruhi lancarnya pencernaan perut, cari tahu makanan yang dapat memperlancarnya yuk.

Serat merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh manusia. Sederhananya, serat adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Tidak seperti protein, lemak, atau karbohidrat biasa yang dapat diserap dan dipecah oleh organ tubuh, tidak demikian halnya dengan serat. Serat hanya akan melalui organ pencernaan setelah ksmu makan, lalu dikeluarkan kembali melalui anus.
Serat dapat membantu meningkatkan berat, ukuran feses, dan melunakkan teksturnya. Feses yang berukuran besar, akan lebih mudah melewati organ pencernaan, serta mengurangi kemungkinan terjadinya konstipasi atau sembelit.

Apabila kamu memiliki feses yang lunak dan berair. Serat di dalam kotoran mampu menyerap air dan membuat tinja menjadi padat.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamu dapat mengkonsumsi buah-buaha berikut untuk mendapatkan kebutuhan serat yang cukup.

Apel
Buah yang pertama yang memiliki banyak serat adalah Apple. Satu buah apel memiliki kandungan serat sekitar 4.4 gram serat. Selain itu, apel diperkaya dengan pektin yang bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh.

1 dari 3 halaman

Alpukat

alpukat © Diadona


Buah ini dikenal bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Tapi, yang juga perlu diketahui bahwa buah ini memiliki kandungan tinggi serat. Avokad dapat membantu menurunkan kolesterol yang tinggi dan mengurangi risiko sakit jantung karena buah ini mempunyai kandungan lemak tak jenuh.

Jambu Biji Merah

Buah ini memiliki kadar kalori yang rendah, tapi kaya vitamin C serta kandungan serat yang tinggi yaitu 7.3 gram serat per 100 gram daging buahnya.

2 dari 3 halaman

Pisang

Ilustrasi pisang © Diadona

Pisang termasuk buah yang memiliki tinggi serat yang wajib Anda konsumsi. Dalam satu buah pisang berukuran sedang, terdapat 3,1 gram serat.

Pir

Pir memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan apel, dengan kadar air yang lebih tinggi. Buah ini mengandung serat sebanyak 3,1 gram per 100 gram buahnya.

3 dari 3 halaman

Stroberi

Ilustrasi Strawberry © Diadona


Buah yang satu ini memiliki kadar serat 2 gram per ons. Kalori dan kandungan lemaknyanya juga rendah sehingga cocok untuk mereka yang yang berusaha mengurangi berat badan. Selain serat, stroberi juga mengandung vitamin C, mangan, potasium, dan antioksidan.

Apel

Buah yang pertama yang memiliki banyak serat adalah Apple. Satu buah apel memiliki kandungan serat sekitar 4.4 gram serat. Selain itu, apel diperkaya dengan pektin yang bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Beri Komentar