Ini 5 Tanda Tubuh Kurang Paparan Sinar Matahari, Yuk Berjemur!

Health | Senin, 26 Juli 2021 08:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Selama di rumah aja, berjemur sinar matahari juga, nggak?

Ini 5 Tanda Tubuh Kurang Paparan Sinar Matahari, Yuk Berjemur!Selama pandemi, banyak orang yang akhirnya beriniatif untuk berjemur sinar matahari walau hanya sebentar agar lebih sehat. Namun, tak sedikit juga yang memilih untuk di rumah saja, bahkan hampir tidak pernah terkena sinar matahari.

Tubuh pada dasarnya butuh sinar matahari karena vitamin D-nya bisa menguatkan tulang dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan nyeri sendi (arhritis).

Namun jika kekurangan sinar matahari, tubuh jadi kena dampak masalah kesehatan ini. Melansir dari Hellosehat, ini 5 tanda kamu kurang sinar matahari!

Ini 5 Tanda Tubuh Kurang Paparan Sinar Matahari, Yuk Berjemur!
2 dari 7 halaman

Sering Merasa Lelah

Ilustrasi Wanita LelahIlustrasi Wanita Lelah © familydoctor

Lelah memang bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun kekurangan sinar matahari bisa menjadi salah satu penyebabnya. Sebab, tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup ternyata lama-lama bisa membuat seseorang gampang lelah karena kurangnya vitamin D.

 

3 dari 7 halaman

Gampang Sakit

Selain gampang lelah, tanda kurang paparan sinar matahari adalah tubuh jadi gampang sakit. Vitamin D pada sinar matahari bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan bakteri. Jika kurang paparan sinar matahari, itu berarti sistem kekebalan tubuh bisa menurun dan akibatnya jadi gampang sakit.

4 dari 7 halaman

Keringat Berlebih

Ilustrasi wanita berkeringatIlustrasi wanita berkeringat © shutterstock.com

Kamu mungkin berpikir bahwa dengan berkurangnya paparan sinar matahari, kamu jadi tidak gampang berkeringat. Namun faktanya, kekeurangan paparan sinar matahari justru malah bikin kamu berkeringan berlebih. Sebab keringat berlebih tanpa sebab merupakan kurang asupan vitamin D yang cukup, salah satunya dari paparan sinar matahari.

5 dari 7 halaman

Tidur Tak Nyenyak

Kurangnya vitamin D ternyata membuat seseorang ngantuk berlebihan. Kebanyakan tidur tentu membuat tidur malam jadi tidak nyenyak. Penelitian yang diterbitkan di Journal of Clinical Sleep Medicine mengungkapkan bahwa kantuk di siang hari dan vitamin D rendah saling punya keterkaitan. Penelitian ini merupakan hasil dari 81 pasien yang punya masalah tidur dan nyeri yang tidak spesifik.

 
6 dari 7 halaman

Nyeri

Ilustrasi Wanita NyeriIlustrasi Wanita Nyeri © Shutterstock.com

Ditambah lagi, ternyata tanda tubuh kurang paparan sinar matahari adalah nyeri pada bagian tulang, sendi, dan otot. Sebab, vitamin D sangat penting untuk penyebaran kalsium dan metabolisme tulang. Kalau kamu di rumah aja nggak ngapa-ngapain namun nyeri-nyeri, bisa jadi, tuh.

Join Diadona.id