Ini Tips Menggunakan Toilet Umum saat Pandemi, Gak Boleh Sembarangan

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 26 Juli 2021 12:20
Ini Tips Menggunakan Toilet Umum saat Pandemi, Gak Boleh Sembarangan
Harus selalu ekstra hati-hati dan menjaga kebersihan

Saat ini, dunia sedang mengalami pandemi Covid-19 tak terkecuali di Indonesia. Masyarakat diimbau untuk taak protokol kesehatan seperti mengenakan masker, mencuci tangan, dan juga menjaga jarak.

Namun, ketika kamu sedang berada di luar rumah dan harus memuaskan 'panggilan alam', tentu kita mau tidak mau harus masuk ke toilet umum untuk buang air kecil atau besar. Di masa pandemi ini, kita memang perlu menjaga kebersihan, mengingat toilet umumm merupakan tempat yang kotor dan banyak digunakan oleh orang banyak.

Nah, melansir dari berbagai sumber, berikut adalah tips menggunakan toilet umum di masa pandemi ini!

1 dari 6 halaman

1. Selalu Kenakan Masker

Ilustrasi Memakai Masker © Diadona

Selama masa pandemi ini, memakai masker menjadi hal wajib yang udah pasti harus dilakukan. Bahkan, ketika kamu sedang dalam bilik toilet umum, alangkah baiknya tetap mengenakan maskermu. Menggunakan masker secara tepat bisa membantu meminimalisir risiko penularan.

2 dari 6 halaman

2. Jaga Jarak saat Mengantre

Saat mengantre, alangkah baiknya jika tetap menerapkan protokol kesehatan. Yang terpenting adalah menjaga jarak satu sama lain dengan taat. Cara ini bisa meminimalisir risiko penularan, karena tak saling berdekatan antara satu orang dengan orang lain.

3 dari 6 halaman

3. Tutup WC saat Flush

Ilustrasi Toilet © Diadona

Flush adalah tindakan memencet tombol WC untuk menyiram secara otomatis. Sebelum melakukan flush, pastikan untuk menutup WC terlebih dahulu dengan rapat.

Ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan percikan air atau udara yang berisiko terhirup atau terkena bagian tubuh.

4 dari 6 halaman

4. Cuci Tangan Pakai Sabun

Ilustrasi Cuci Tangan © Diadona

Sebelum dan sesudah masuk toilet umum, mencuci tangan adalah hal yang wajib. Setelah menggunakan toilet, pasti kamu juga menyentuh gagang pintu, ataupun menekan flush yang telah disentuh oleh orang banyak.

Dengan rajin cuci tangan, bisa mengurangi risiko penularan virus dan bakteri.

5 dari 6 halaman

5. Gunakan Tisu

Hindari penggunaan mesin pengering otomatis setelah cuci tangan. Partikel udara dalam mesin pengering otomatis bisa menaikkan risiko penularan.

Lebih baik gunakan tisu kering yang masih baru agar tanganmu bisa kering dan tetap bersih.

Beri Komentar